Rochayati

Ibu di sebuah keluarga, wiraswasta bid pendidikan, pernah bekerja di smk, dan lembaga pendidikan non formal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tahapan anak belajar tanggung jawab

Tahapan anak belajar tanggung jawab

Rasa tanggung jawab anak bisa diajarkan pada mereka sejak dini. Ketika anak mulai mengenal siapa dirinya dan ada apa di sekitarnya secara global,maka saat itu bisa dimulai untuk merangsang rasa tanggung jawabnya. Dimulai dari yang mudah dan dari yang paling intens, misalnya untuk anak tk:

Bangun pagi Pergi sekolah Merapikan peralatan sekolahnya Belajar melaksanakan kewajiban Dll.

Untuk dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan maka perlu bimbingan yang intens dan sistematik. Jangan harap anak akan langsung tertib dan maximal.

Seperti gambar diatas ketika anak di ajarkan praktik solat meski sudah beberapa kali,masih saja ada yang bercanda, lirik sana- lirik sini. Namun demikian sudah ada rasa tanggung jawab disana. Mereka sudah mau mengikuti arahan sang guru berarti mereka sudah menjalankan tanggung jawabnya sebagai murid.

Selanjutnya perlu adanya kondisi yang mendukung agar semakin tertib.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar bund, sejak dini, anak sudah harus diajarkan tanggungjawab. Sukses selalu dan barakallah

09 Dec
Balas

Aaamiiin, terimakasih

10 Dec
Balas



search

New Post