Resti E

Lahir di Sukabumi 46 tahun yang lalu. Di sebuah desa terpencil di ujung selatan Kabupaten Sukabumi. Menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Sindanghayu p...

Selengkapnya
Navigasi Web
ADAKAH KENDALA ANBK PERTAMA?
ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SDN 1 CIBENDA

ADAKAH KENDALA ANBK PERTAMA?

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah hal yang pertama dilaksanakan di jenjang Sekolah Dasar (SD) pada tahun ini. Karena hal itu, dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala yang lumayan membuat agak deg-degan juga. Walaupun pada akhirnya dapat diatasi dan berjalan dengan baik.

Kalau dicermati, ANBK sebetulnya bukan khusus menilai siswa akan tetapi asesmen untuk keseluruhan . Seperti yang dikutip dari Tribunnews.com bahwa ANBK merupakan program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Kita garis bawahi pada saat proses pelaksanaan ANBK, ditemui beberapa kendala di antaranya yang paling mengganggu adalah jeleknya jaringan internet. Karena daerah kami rawan mati lampu, apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Selain itu, sekolah kami menggunakan moda online. Jadi otomatis sangat bergantung pada jaringan internet. sehingga pada saat pelaksanaan sempat berhenti beberapa kali untuk log out dulu, dan setelah jaringan bagus baru login kembali.

Berkaca dari hal tersebut, perlu dicermati dan dikaji ulang untuk pelaksanaan ANBK pada tahun-tahun yang akan datang. Baik oleh internal sekolah maupun oleh pihak lain yang terkait. Agar pada pelaksanaan di masa yang akan datang lebih baik lagi.

Seperti menurut Cep Hery Efendi,MM sebagai teknisi mengatakan bahwa: "dalam pelaksanaan ANBK terkendala dengan seringnya mati lampu yang berdampak pada jeleknya jaringan internet. Maka sebagai upaya untuk memperlancar proses ANBK tersebut, satu-satunya cara dengan mencari genset sebagai alternatif pengganti listrik dari PLN".

Adapun persiapan siswa dalam menghadapi ANBK ini dikatakan oleh Ridwan,S.Pd sebagai guru kelas V : "untuk persiapan semua siswa sudah diberi arahan dan bimbingan baik secara offline maupun online. Walaupun dalam kondisi pandemi dan ini adalah hal yang pertama, tapi masih bisa diusahakan untuk tetap belajar dengan baik".

Semoga untuk pelaksanaan ANBK ke depannya baik moda online maupun semi online, dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang signifikan, dan dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post