Pak Omank

Guru SD Negeri 1 Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web

Inilah 18 RHK dan Bukti Dukung yang Bisa Dipilih Guru untuk Penuhi Minimal 32 Poin Kerja!

Akhir-akhir ini guru disibukkan dengan kegiatan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan ini wajib dilakukan oleh guru berstatus ASN baik PNS maupun PPPK. Sementara bagi guru dengan status honorer sifatnya baru dianjurkan.

Sebagai hal baru, menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) masih dirasa sulit oleh sebagian guru. Terutama dalam menentukan Rencana Hasil Kerja (RHK) yang tepat. Berikut ini 18 RHK dan bukti dukung yang bisa dipilih diurut dari poin terkecil hingga terbesar.

No

Rencana Hasil Kerja (RHK)

Poin

Bukti Dukung

Keterangan

1.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai partisipan kegiatan seperti seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan.

Untuk 1 kegiatan, setara dengan 4 poin

Sertifikat.

2.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta berbagi praktik baik yang diselenggarakan komunitas belajar.

Untuk 1 kegiatan berdurasi 2-3 jam setara 4 poin.

Sertifikat.

3.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai peserta coaching atau mentoring pengembangan kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah.

untuk 1 kegiatan setara 4 poin

Sertifikat.

4.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah Aksi Nyata sejawat yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

untuk 10 Aksi Nyata setara 6 poin.

Laporan.

5.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah Cerita Praktik yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

Untuk 10 Cerita Praktik setara 6 poin

Laporan.

6.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah Perangkat Ajar yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

untuk 10 Perangkat Ajar setara 6 poin

Laporan.

7.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun Kumpulan Konten Unggulan yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

untuk 1 Kumpulan Konten Unggulan yang terbit di PMM setara 6 poin.

Kumpulan Konten Unggulan yang terbit di PMM.

8.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Narasumber Berbagi Praktik Baik dalam kegiatan yang terkait implementasi Kurikulum Merdeka dan/atau Perencanaan Berbasis Data.

Untuk 1 kegiatan berdurasi 2-3 jam setara 8 poin

Sertifikat.

9.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat.

untuk 1 observasi sebagai pelaku dan pengamat secara bergantian setara 8 poin.

Laporan.

10.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis yang memperoleh sertifikat di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Untuk 1 kegiatan berdurasi 2-3 hari setara 8 poin.

Sertifikat.

11.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta Pelatihan Mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah.

untuk kegiatan 1 pelatihan beserta Aksi Nyata setara 8 poin.

Sertifikat Topik.

12.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Coach, mentor, fasilitator, dan/atau pengajar praktik dalam kegiatan pengembangan kompetensi kepada Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah.

ntuk 1 kegiatan berdurasi 2-3 jam setara 12 poin.

Sertifikat.

13.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun Cerita Praktik yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

Untuk 1 Cerita Praktik yang terbit di PMM setara 12 poin

Cerita Praktik yang terbit di PMM.

14.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peraih pengakuan atau penghargaan terhadap kompetensi dan kinerjanya dalam berbagai wadah atau ajang.

Untuk 1 penghargaan setara 12 poin.

Piagam.

15.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun Perangkat Ajar yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain.

Untuk 1 Perangkat Ajar yang terbit di PMM setara 24 poin

Perangkat Ajar yang terbit di PMM.

16.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta praktik magang pada dunia kerja dan/atau bidang lain yang relevan.

Untuk 1 kegiatan berdurasi 2-4 minggu setara 24 poin.

Sertifikat.

17.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penggerak Komunitas Belajar dengan mengadakan minimal 3 kegiatan berbagi praktik baik.

untuk 3 kegiatan setara 36 poin.

Sertifikat.

18.

Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta program pelatihan dan pendidikan jangka pendek atau menengah pada bidang kepemimpinan dan bidang teknis yang relevan, seperti Pendidikan Guru Penggerak atau pelatihan manajerial Kepala Sekolah.

untuk 1 kegiatan berdurasi 3-6 bulan setara 128 poin

Sertifikat.

Dari 18 poin itu, poin akan dihitung dengan cara memilih 'Target Kuantitas' dari 'Rencana Hasil Kerja' yang telah dipilih sebelumnya.

Target kuantitas ini mencakup jumlah sesi kegiatan yang akan dilakukan oleh guru sesuai dengan rencana hasil kerja yang telah ditetapkan.

Jika guru memilih lebih banyak sesi kegiatan, poin yang dihitung akan berkali lipat.

Sebagai contoh, jika guru memilih suatu Rencana Hasil Kerja yang memiliki 8 poin, dan kemudian memilih 4 kegiatan untuk rencana tersebut, poin yang akan diperoleh adalah 8 dikali 4, yaitu 32 poin.

Proses menambahkan 'Rencana Hasil Kerja' hanya dapat dilakukan saat tahap 'Perencanaan Kinerja'.

Pada tahap ini, guru dapat memeriksa rencananya melalui 'Rangkuman' sebelum mengirimkannya kepada Kepala Sekolah. (Sumber: Perdirjen GTK Nomor : 7607/B.B1/HK.03/2023 Tanggal 15 Desember 2023)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post