Rokhmat

Rokhmat Mahasiswa STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaafkan Kesalahan Teman

Memaafkan Kesalahan Teman

Oleh : Rokhmat

{ Jadilah kamu pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf serta berpalinglah dari orang-orang bodoh }

( QS.Al-A'raf-199 )

Sangat tidak pantas menjauhi saudara yang hanya mempunyai satu atau dua kebiasan buruk yang tidak bisa di terima, sementara selebihnya baik. Dalam konteks ini satu atau dua kesalahan masih dapat di maafkan. Dan kesempurnaan adalah tingkat yang paling sulit di capai.

Al kindi seorang filosof muslim terkenal pernah mengatakan " Bagaimana bisa mendapatkan satu moralitas tertentu dari teman anda, sementara ia terdiri dari empat tabiat jiwa saja yang merupakan bagian paling dekat dengan ( setiap ) manusia & merupakan pusat kendali untuk memilih & berkehendak, tidak bisa memberikan kendalinya itu kepada orang yang memilikinya untuk melakukan semua kehendak. Tidak bisa pula mengiyakan semua yang di haruskannya, apalagi dengan jiwa orang lain..?

seorang bijak bestari pernah berkata " Adanya tuntutan terhadap keadilan adalah karena jarangnya ada keadilan ".

Yang lain juga mengatakan " Kita saja tidak bisa menerima diri kita sendiri, lalu bagaimana kita bisa menerima orang lain "

Janganlah hanya karena satu aib tersembunyi atau dosa kecil yang sebenarnya bisa di tutupi oleh kebaikanya yang lebih banyak, anda menjadi jauh dari seseorang yang pernah anda puji latar belakangnya, yang pernah anda terima kehidupanya, yang pernah anda ketahui kemuliaannya, dan yang pernah anda ketahui pemikirannya, karena anda tidak akan mendapatkan seorang pun yang sopan tanpa satu aib dan dosa.

Coba posisikan diri anda dalam posisinya, tidakkah anda akan melihat dengan 'Ainur Ridha dan tidak menilainya dengan kacamata hawa nafsu, ketika anda menempatkan diri dalam posisinya dan menilainya, maka akan ada sesuatu yang bisa membantu mendapatkan apa yang anda inginkan. Anda juga dapat mendekatkan diri kepada orang yang melakukan dosa itu .

An-Nabighah adz-Dzubyani mengatakan,

" Tak pernah kau tinggalkan orang yang tidak pernah kau cela karena rambutnya kusut. Memangnya ada bersopan santun dengan sempurna "

Isi syair tersebut tentu saja tidak bertentangan dengan tentang bagaimana seharusnya memilih teman, yang di mana di situ ada 4 sifat yang ada pada diri seorang teman. Kekuranganya di maafkan. Dengan demikian adanya kekuranganya yang ada pada diri dia membuat anda menjauhi dan berburuk sangka kepadanya. Padahal Anda sendiri tidak melihat dia melakukan penyimpangan dan kemungkaran itu.

Hendaklah semua kekurangan itu di alihkan ke dalam jiwa yang lapang dan hati yang damai, sebab orang terkadang lalai untuk memperhatikan jiwanya, bagian paling dekat dengan dirinya itu.

Di katakan dalam butir -butir hikmah : Jangan rusak hubunganmu dengan seorang teman oleh prasangka buruk, padahal sebelumnya engkau yakin benar akan kebaikannya.

Pesan ulama sholih Ja'far ibn Muhammad kepada anaknya " Wahai anakku, siapa di antara teman-temanmu yang marah kepadamu sebanyak tiga kali dan yang di katakan adalah kebenaran, maka jadikanlah dia teman. "

{ Maka janganlah kamu merasa dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertaqwa }

( QS.An-Nur : 21 )

Kau inginkan orang yang bersih yang tidak ada aib di dalamnya, apakah ada kayu yang wangi semerbak tanpa mengeluarkan asap.

Wallahu 'alam bisyowab

Ied mubarok taqobalallahu minna waminkum taqoballahu yaa karim siyama wasiyamakum kullu wa antum bikhoir.

Semoga Allah memberkahi kita Amiin ya robbal 'Alamin

1 Syawal 1440 H.

Salam Ngopi Nusantara

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saling memaafkan itu yang terbaik. Sukses selalu dan barakallahu fiik

05 Jun
Balas

Terima kasih Bun, Mohon maaf lahir batin.

05 Jun
Balas



search

New Post