Rokhmat

Rokhmat Mahasiswa STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pra OSPEK STAI HAS Angkatan 2019-2020

PRA OSPEK STAI HAS Angkatan 2019/2020

Oleh : Rokhmat

Mahasiswa STAI HAS

Hajat besar tahunan STAI HAS sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar mata kuliah di mulai seperti biasa kampus STAI HAS mengadakan Ospek, seperti halnya di seluruh perguruan tinggi lainnya, mengingat hal tersebut sangat penting bagi MABA (Mahasiswa Baru).

Ospek Calon Maba: Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dapat terlihat oleh baik tidaknya pelaksanaan Ospek di perguruan tinggi tersebut.

Ospek, pada dasarnya, adalah rangkaian kegiatan, masa, penyambutan mahasiswa baru dalam rangka membantu mereka untuk dapat mengenal lingkungan akademis barunya. Hal ini dapat dilakukan, for instance, mulai dengan memberikan pemaparan informasi mengenai keberadaan lokasi gedung-gedung fakultas, rektorat, fasilitas-fasilitas kampus; pengenalan struktur rektorat, Organisasi internal BEM dan HMP PAI, HMP HES dan organisasi eksternal lainnya tingkat universitas (dan juga tingkat STAI); pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ; pengenalan rektor, wakil rektor dan juga segenap jajarannya (dosen-dosen, staff fakultas, dll); sampai pada memberikan materi, diskusi —ataupun dengan mendatangkan beberapa tokoh intelektual— yang akan mampu merangsang minat dan kekritisan mahasiswa baru; dlsb. Pada pelaksanaan Ospek tahun ini panpel memunculkan tema " Mewujudkan Mahasiswa yang Agamis, Akademis, dan Produktif dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi "

Pada intinya, ospek adalah rangkaian prosesi pengenalan mengenai ikhwal seputar kampus dengan pelbagai komponen di dalamnya, penginjeksian nilai-nilai luhur yang mengakar dalam suatu kampus, suatu rangkaian kegiatan pencicipan atmosfer kampus, yang ditujukan bagi para mahasiswa baru.

Dengan demikian, tujuan dasar dari ospek ialah, antara lain, untuk membentuk —jejaring makna dalam diri— mahasiswa baru menjadi manusia yang berdaya intelektual yang aktif, berpola pikir kritis, bermo-ral, dan, produktif serta pada tujuan khususnya, mampu mewujudkan hasil karya yang bisa bermanfaat buat pribadi, kampus dan masyarakat serta memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi menjadi bagian keluarga besar STAI HAS, pun mampu memahami ikhwal kondisi dan keadaan seputar kampus (dan pelbagai hal yang ada didalamnya—termasuk semangat perjuangan akademik kampus!).

Jika kita memahami hakikat dari tujuan dari kegiatan ospek seperti yang telah sedikit digambarkan di atas, rupanya, kita kemungkinan besar akan menyetujui penyelenggaran dan penerapan kegiatan ospek tersebut bagi para mahasiswa baru. So terlebih peserta maba didominasi anak-anak asli cikarang semua tentunya harus bangga, asli anak cikarang kuliah di wilayah sendiri.

Setiap perguruan tinggi, apapun jenjangnya, akan menyelenggarakan kegiatan orientasi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Biar kalian mengenal teman-teman dan sistem pembelajaran yang diterapkan di kampus.

Unit kegiatan mahasiswa sejenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menengah atas. Para mahasiswa senior anggota unit kegiatan akan unjuk kebolehan kemampuan mereka saat masa orientasi. Inilah saatnya kamu memutuskan bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa. Artinya jangan jadi mahasiswa pasif, tempa dirimu dengan sebanyak mungkin hal positif selama nanti berkuliah

Tak jarang orang menganggap kegiatan OSPEK hanya membuang-buang waktu, tenaga, serta materi. Kesan itu tak sepenuhnya tidak benar lho. Selama mengikuti OSPEK, para mahasiswa baru juga akan diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan beberapa dosen yang nantinya akan mengajar mereka di masa perkuliahan.

Mengetahui karakter para dosen lengkap dengan gambaran sekilas soal mata perkuliahan yang akan mereka ajarkan, tentunya akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir kecemasan yang dirasakan para mahasiswa baru jelang hari-hari pertama perkuliahan.

Tak hanya berkenalan dengan dosen, para mahasiswa baru juga akan diperkenalkan dengan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat jurusan atau Prodi. Beragam UKM tersebut sangat bermanfaat untuk membantu para mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat mereka.

Masa perkuliahan belum dimulai, bukan berarti para mahasiswa baru bebas dari tugas-tugas. Selama menjalani masa OSPEK, para senior tak jarang memberikan beragam tugas yang bejibun. Mulai dari tugas individu seperti menulis beragam artikel atau paper dengan tema tertentu serta meresume dari awal acara ospek sampai selesai, hingga tugas kelompok seperti membuat karya atau project observasi sesuai keahlian dari masing-masing di lingkungan warga sekitar.

Perlu diketahui para mahasiswa senior STAI HAS pun banyak yang aktif di dalam berbagai kegiatan baik di organisasi internal (BEM, HMP PAI, HMP HES, UKM Pramuka dan Olah Raga) dan beberapa organisasi eksternal baik PMII atau PII, tak ayal juga banyak kegiatan untuk aktif menjadi mahasiswa yang produktif seperti yang terpampang di mading kampus berbagai artikel dari berbagai semester kakak kelas sampai para dosen untuk selalu produktif membuat artikel opini, esay, puisi dan lain-lain

Untuk menjadi mahasiswa produktif kamu perlu memahami kemampuanmu. Terkadang kamu menilai dirimu tidak mampu untuk melakukan hal lebih, padahal sebenarnya kamu mampu. Terimalah kekurangan tersebut dengan ikhlas. Jangan menjadikan hal tersebut hambatan, namun jadikanlah cambuk untuk terus memperbaiki diri. Yakinlah kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih, asalkan didampingi tekad yang kuat, usaha, kesabaran dan juga doa.

Apa hubungan interaksi dengan menjadi mahasiswa produktif? Manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain agar kondisi kejiwaannya stabil. Sehingga dengan kondisi tersebut, produktivitasnya akan terjaga. Luangkan waktu untuk ngobrol dengan orang lain, teman sekelas, teman yang aktif di organisasi, tetangga, maupun dengan keluarga.

Bagaimana apabila kamu merupakan pendatang baru di tempat asing? Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk sekadar menelfon ataupun chatting. Ataupun kamu bisa berkenalan dengan orang baru. Tidak perlu memaksa untuk melakukan interaksi secara mendalam, obrolan ringan dan basa-basi sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi.

Nex nikmati acara Ospek, panpel merancang all agenda acara bukan untuk menindas atau balas dendam namun untuk menumbuhkan keakraban satu sama lain dan berbagi wawasan dunia akademis.

Berikut di atas paparan terkait kegiatan Ospek di STAI HAS semoga bermanfaat.

Semangat dan selamat menjalankan tugas materi baru, kelas baru, teman baru, kegiatan baru, Guru baru.

25.08.2019

Kominfo BEM STAI HAS

Salam Ngopi ☕ Nusantara 😍😅🙏🏻

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Paparan yang konferehensif tentang ospek dan pelaksanaannya serta sisi baik dari ospek sebagai ajang perkenalan dengan dunia kampus. Sukses selalu dan barakallahu fiik

25 Aug
Balas



search

New Post