Rokhmat

Rokhmat Mahasiswa STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Siapa Yang Harus Peduli Dengan Lingkungan

Siapa Yang Harus Peduli Dengan Lingkungan

Oleh : Rokhmat

Siapa sih yang seneng banjir? Wong pabila ada genangan air sedikit aja kita pabila lewat akan milih area yang kering. Daerah perkotaan, perumahan maupun perkampungan sudah mulai penuh padat dengan penduduk, baik penduduk lokal atau migran sering mengabaikan perawatan lingkungan. Orientasi penduduk masa kini adalah membangun fasilitas baik bangunan rumah, gedung, ruko, dan pabrik, tanpa memperdulikan efeknya terhadap lingkungan. Faktor-faktor inilah kemudian yang menjadi penyebab banjir dan bencana alam lainnya.

Curah hujan lebat beberapa minggu di awal tahun 2020 bulan februari sampai maret mengakibatkan genangan air hingga mengakibatkan banjir di sekitar cikarang, cibitung dan perkampungan wilayah Bekasi dan sekitarnya. Kondisi musim hujan aliran air got, sungai dan waduk pun meluap.

Mungkin masyarakat sudah berupaya buang sampah tidak di sungai, got sering di bersihkan namun tidak cukup tindakan demikian tok perlu RTL tentunya tidak mengandalkan saluran got saja karena got hanya sifatnya mengalirkan air dari dataran tinggi ke dataran rendah bukan meresap, kalo got penuh mentok efek air meluber ke sekitarnya.

Solusi bagi kita semua dengan membuat lubang biopori yang ditujukan untuk menjaga lingkungan.

Apa Itu Lubang Biopori?

Lubang biopori adalah sebuah lubang silindris yang dibuat dan dimasukkan ke dalam tanah secara vertikal, dipertuntukan sebagai metode resapan air yang tujuannya untuk mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Prinsip kerja lubang biopori ini adalah meningkatkan daya serap tanah terhadap air yang ada di permukaan dengan cara membuat lubang pada tanah lantas mengisi lubang tanah itu dengan sampah organik. Sampah organik bertujuan untuk menghasilkan kompos, sampah organik ini akan memberikan efek yang baik bagi fauna tanah sekitar lubang bioporis tersebut. Maka secara otomatis, tanah akan menjadi lebih subur karena terdapat banyak pori-pori tanah. Selain itu, tanah bisa menyerap air dan tidak mengakibatkan banjir .

Mau tahu apa itu Lubang Biopori dan Manfaatnya salah satunya yaitu :

Membantu Mencegah Terjadinya Banjir

Saat ini, banjir sering terjadi entah di kota atau di kampung, dan salah satu penyebabnya adalah sistem drainase yang tidak baik. Biasanya di daerah padat penduduk drainasenya buruk karena kurangnya daya serap air oleh tanah.

Dengan membuat lubang resapan biopori, dapat membantu air untuk segera masuk kedalam tanah, selain itu, sampah organik yang ada di dalam lubang merupakan makananan dari cacing tanah.

Cacing yang masuk kedalam lubang akan membuat terowongan-terowongan kecil di dalam tanah ketika menuju kelubang berisi sampah organik. Hal ini tentu akan membuat air lebih cepat masuk kedalam tanah. Silahkan baca (4 Manfaat Lubang Biopori Bagi Lingkungan Kita).

Solusi mengurangi genangan air baik dikit atau yang banyak yaitu dengan membuat resapan air, untuk membuat resapan cukup mudah berikut alat dan caranya siapkan peralatannya :

* linggis atau kalo ada Bor tanah

* Paralon dan tutupnya ukuran sesuai keinginan di bolongin sebanyak banyaknya untuk aliran air agar meresap dan lubang hewan cacing dan sejenisnya.

* Palu, pahat beton, pasir, semen

Kepedulian itu bukan Anda, kamu, kalian TAPI apa yang bisa saya lakukan untuk kemanfaatan lingkungan.

Saya tidak bisa memecahkan masalah, tapi kita perlu mendorong kesadaran agar lebih banyak orang akan peduli terhadap lingkungan, salah satunya meminimalisasi genangan air di sekitar kita.

30 maret 2020

Salam Ngopi ☕ Nusantara 😅😍🙏🏻

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post