Roni S. Wahid

Roni S. Wahid, S.Kom penulis buku "Berjuanglah Masa Mudaku". Pernah ikut menulis skenario Kian Santang, dll. Lelaki yang belum menikah ini aktif di yayasan al f...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kategori Tulisan yang cocok untuk anak
Prkatik Menulis Cerita

Kategori Tulisan yang cocok untuk anak

Menulis cerita anak bukanlah pilihan terakhir dari sekian banyak alternatif untuk menulis. Seperti puisi, cerpen, novel, dan juga skenario. Karena sejatinya menulis cerita anak juga memiliki keunikan dan kekhasan mereka sendiri.

Sebelum menulis cerita anak, penting untuk kita memperhatikan target pembaca, yang dalam hal ini tentu anak-anak. Apakah anak tersebut belum bisa membaca, terbata-bata, atau justru sudah lancar membaca?

Anak yang belum lancar membaca cocok dengan tulisan yang banyak ilustrasi. Seperti cerita bergambar yang lembarnya tidak terlalu banyak (24-42 Halaman). Sedangkan anak yang sudah terbata-bata atau mulai memiliki stamamina yang cukup untuk membaca diwaktu yang lebih lama. Maka teks pada tulisan anak tersebut diperbolehkan lebih banyak daripada ilustrasi. Jumlah halamnnya pun lebih banyak seperti, 50-60 halaman.

Sementara itu, anak yang berada pada kategori terakhir yakni anak yang lancar membaca. Mereka sudah tidak terpaku apakah ada ilustrasi gambar atau tidak pada buku tersebut. Hal ini karena mereka lebih gemar berimajiansi sendiri mengenai tokoh dalam cerita.

Setelah kita memahami ketiga kategori anak tersebut, kita juga bisa mengajarkan Teknik kepenulisan yang cocok untuk mereka. Salah satu teknik menulis yang cocok untuk anak adalah dengan mengajak mereka berekreasi, melihat sekitar lalu menuliskannya.

Ulasan di atas adalah salah satu trik yang bisa penulis bagikan. Semoga bisa membantu untuk mengajarkan minat menulis kepada anak-anak. (Ron / Berbagai sumber)

Pajar Bulan 04 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap ulasannya mas. Sukses selalu

04 Feb
Balas

Amiin.. Terimakasih sudah meninggalkan jejak mas..

04 Feb

Siip ulasannya, Bapak. Terima kasih telah berbagi. Salam sukses.

04 Feb
Balas

Sama-sama bu.. Salam sukses...

04 Feb

Iyaa benar sekali ka, trik seperti itu yang sangat bermanfaat dan tidak akan cepat membuat bosan anak anak, sekaligus dari trik tersebut anak anak mempunyai pengalaman baru dalam menulis.

04 Feb
Balas

Benar pak hendri... Terimakasih

04 Feb



search

New Post