Rosi Desvirika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TEKNOLOGI (Tantangan Gurusiana Hari ke-83)
news.detik.com

TEKNOLOGI (Tantangan Gurusiana Hari ke-83)

Wabah virus korona tidak melihatkan tanda-tanda akan segera pergi. Setiap hari korban virus ini bukannya berkurang tapi malah semakin bertambah. Perekonomian dibuat lumpuh. Banyak usaha yang tidak ada berarti di masa pandemi ini. Tak terkecuali, dunia pendidikan juga terkena dampaknya. Saat ini mau tidak mau peran guru sebagian telah digantikan teknologi. Pembelajaran jarak jauh telah menuntut guru untuk menggunakan teknologi. Namun bisakan teknologi yang semakin canggih bisa menggantikan peran guru seutuhnya?

Menurut saya teknologi secanggih apapun tidak akan mampu menggantikan peran guru. Saat ini memang teknologi yang lebih berperan dalam pembelajaran. Tapi ini tidak bisa terlaksana sesuai dengan tuntutan pendidikan. Tujuan pendidikan bukan hanya mencerdaskan anak bangsa dalam hal pedagoik, tapi juga menanamkan karakter yang baik pada peserta didik demi mewujudkan generasi bangsa yang berakhlak mulia.

Teknologi tidak memiliki apa yang dimiliki manusia, dalam hal ini guru sebagai pendidik. Teknologi tidak memiliki rasa seperti yang dimiliki guru. Gerak tubuh seorang guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan, ekspresi saat meyakinkan peserta didik tentang materi pembelajaran dan tatapan penuh kasih dan penguatan seorang guru. Semua itu bisa dilaksanakan dengan pembelajaran tatap muka. Dan Itu tidak dimiliki oleh teknologi. Jadi dengan adanya wabah covid 19 pembelajaran yang seharusnya, tidaklah terlaksana. Tujuan dari pendidikan tidak seutuhnya bisa dicapai.

Semoga semua ini cepat berlalu, dan kita kembali merasakan hidup yang betul-betul normal seperti sebelum pandemi. Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

guru tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun,, sukses selalu ibuk,

24 Jul
Balas

Aamiin, smg segera kembali normal ya bund

23 Jul
Balas

Aamiin

23 Jul

Aamiin ya robbilallamin. Pak Blangkon juga sedih tiap hari cuma melihat bangku dan ruang kelas kosong.Terimakasih telah setia berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

23 Jul
Balas

Aamiin Setuju bu cantik, semakin sukses ya

23 Jul
Balas

Aamiin .. Semoga ya bu..

23 Jul
Balas

Aamiin

23 Jul

Semoga kita bisa bertemu siswa lagi di ruang-ruang kelas yang hangat dan ceria ya Bu. Amin

23 Jul
Balas

Aamiin, semoga cepat berlalu. Salam sukses bu

23 Jul
Balas

Aamiin..yra. Keren say

23 Jul
Balas

Terimakasih unsay.

23 Jul

Google memang lebih pintar dari guru, tapi Google tak pernah bisa menggantikan peran guru

23 Jul
Balas

Aamiin.... Setuju bu.... Kita makhluk hayati... Kita yang harus mengendalikan teknologi.. Keren bu... Tulisan yang menginspirasi... Salam literasi...

23 Jul
Balas

Terimakasih pak. Salam literasi.

23 Jul

Peran guru takkan terganti

23 Jul
Balas

Aamiin.... Semoga cepat berlalu

23 Jul
Balas

Aamiin

23 Jul



search

New Post