Rosita Susanti

Bekerja di SMPN 2 Lengkong sejak 2003 sampai sekarang. "Jadilah diri sendiri, karena itu lebih menarik daripada kamu meniru gaya hidup orang lain". Semangat dan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kata-Kata Bijak Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan

Kata-Kata Bijak Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan

Kata-Kata Bijak Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan

1. Taman siswa menurunkan mutu pengajaran dan membawa kita kembali sepuluh tahun ke belakang! Memang kita harus kembali beberapa puluh tahun, kita amat mengingini untuk menemukan 'titik tolak' agar kita dapat berorientasi kembali: kita telah salah jalan.

2. Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat).

3. Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat. Sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka.

4. Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan.

5. Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda.

Salam literasi

Nganjuk,31/10/2021

#Tagur 14

Sumber :https://www.merdeka.com/jateng/20-kata-kata-bijak-ki-hadjar-dewantara-yang-penuh-makna-dan-inspiratif-kln.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post