Rosmalinda Ika Kesumawaty Br. Kemba

profile diri. Lahir ke bumi 6 Desember 1972, Pernah belajar di USU, UMB dan UNIMED. Dari 1994 sd srkarang mengabdi di SMAN 17 Medan. ALUMNI SAGUSABU Medan 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengimbasan Quizizz Hari Ke-1

Pengimbasan Quizizz Hari Ke-1

Pengimbasan Quizizz Hari Ke-1

#Tagur H-29

 

 Selasa, 15 Februari 2022 pengimbasan itu dimulai dan kegiatan dijadwalkan mulai pukul 12.30 sampai dengan 14.30. Karena berbagai pertimbangan peserta dibatasi hanya 20 orang dengan harapan bisa memahami dan menerapkan materi yang disampaikan. Saya berkolaborasi dengan rekan kerja yang juga sudah lulus traner dengan harapan dapat bersama-sama membantu rekan kerja lain yang belum memahami. Belajar dan berbagi, ini niatnya.

Hari pertama dalam kegiatan ini ada empat hal yang disampaikan dan peserta langsung mempraktekkannya. Belajar teori dan langsung praktik agar bisa diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Setelah memberi sekilas gambaran tentang Quizizz, manfaat dan kemudahannya, selanjutnya  disampaikan materi untuk  hari pertama yaitu:

1.    Membuat akun belajar Quizizz

Secara dominan peserta belum memiliki akun Quizizz, sehingga kami mulai dari awal. Bagaimana akun Quizizz dibuat. Dalam pembuatan akun Quizizz ini peserta langsung diarahkan untuk mengedit lewat pengaturan, menyematkan foto profil dan identitas diri serta mengubah bahasa. Sengaja dipilih Bahasa Indonesia untuk mempermudah memahaminya.

2.    Mencari kuis publik.

Peserta melalui akun quizizznya diarahkan untuk mencari kuis publik. Kuis dan pembelajaran sangat banyak disiapkan di quizizz publik. Peserta tinggal pilih mana yang sesuai keingingan. Disini peserta langsung diarahkan untuk “salin edit” agar kuis tersebut menjadi milik peserta dan dapat  disimpan menjadi milik pribadi.

3.    Cetak simpan kuis dalam bentuk PDF.

Setelah mencari kuis di publik, peserta diarahkan merubah kuis tersebut dalam bentuk pdf dan mendownloadnya agar tersimpat dalam memori komputer. Menyimpan  soal kedalam bentuk pdf ini penting karena dapat mengantisipasi bagi murid yang tidak bisa mengikuti ujian online. Ketika guru ingin membuat ujian offline, cetak kuis bentuk pdf ini sangat bermanfaat.

4.    Teleportasi Soal

Pengimbasan yang terakhir di hari pertama ini adalah menggunakan teleportasi soal. Peserta  mengambil soal publik dan menyimpannya sehingga menjadi milik pribadi. Tentu saja soal atau materi yang akan diambil harus diperhatikan dengan benar, karena bisa saja tidak sesuai dengan yang diharapkan.

 

5.    Melaksanakan Permainan Quizizz secara langsung

Pada kegiatan ini peserta membuat kuis untuk persiapan Penilaian Tengah Semester yang akan dilaksankan beberapa saat lagi. Dari soal yang telah disimpan peserta dipandu bagaimana membuat kuis dan mengirimkan link nya secara langsung ataupun pekerjaan rumah. Ini merupakan salah satu kelebihan quizizz, saat guru kepepet dalam melaksanakan kuis dapat langsung mengambil dari soal kuis yang tersedia di perpustakaan Quizizz. Peserta tinggal menambah mana yang kurang atau membuang soal yang tidak relepan. Dengan cepat kuis dapat dijalankan.

 

 

Secara umum kelima kegiatan diatas telah dilaksanakan oleh seluruh peserta yang berjumlah duapulu orang. Saya sangat kagum dengan semangat guru-guru yang luar biasa. Umur boleh tua tapi semangat tetap membara. “Masih ada masa bakti sekitar lima tahun lagi, malu jika tidak menguasai teknologi,” demikian ungkapan guru yang berusia “Lolita,” lolos lima puluh tahun.

      Sebagian peserta yang masuk kelompok guru milenial dengan cepat dapat menyelesaikan semua pembelajaran dan menyelesaikan penugasan. Tapi kami tetap bersabar mengajarkan secara perlahan dan berulang-ulang untuk kelompok guru yang punya semangat tinggi namun butuh loading lama untuk memahami.

 

 

 

Oleh : Rosmalinda Ika Kesumawaty Br.Kembaren, M.Pd

 

#GuruPenggerak

#GuruPenggerakMenulis

#AksiNyataAgenPerubahan

#Salamliterasi

 

Riviera, Rumah Literasi, 160222

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post