Rosmalinda Ika Kesumawaty Br. Kemba

profile diri. Lahir ke bumi 6 Desember 1972, Pernah belajar di USU, UMB dan UNIMED. Dari 1994 sd srkarang mengabdi di SMAN 17 Medan. ALUMNI SAGUSABU Medan 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perdana Penentu Kemudian

Perdana Penentu Kemudian

Perdana Penentu Kemudian

(Rapat Perdana Pengurus MGMP Kota Medan)

Pelaksanaan rapat perdana Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika periode 2022-2024 telah terlaksana sesuai dengan harapan. Kegiatan rapat pengurus dilaksanakan pada kamis, 19 Mei 2022, mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Diskusi yang alot membuat kegiatan ini berakhir 30 menit lebih lama dari jadwal yang ditentukan. Diawali dengan acara Halal bi Halal yang bertujuan saling mengenal antara sesama pengurus. Jika sebelumnya kenal secara tatap maya, kesempakatan kali ini bisa bersemuka dan berdiskusi menentukan arah dan Program MGMP Matematika kedepannya.

Kegiatan ini dihadiri pembina MGMP sekaligus ketua MGMP yang lama Bapak Drs. Suprayitno, M.Si yang memberikan arahan serta masukan-masukan untuk kemajuan MGMP Matematika kedepannya. Ketua MGMP yang baru, Bapak Dedi Pradesa, S.Pd mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan MGMP matematika Kota Medan sebagai pioner yang memberikan perubahan dan berdampak positif bagi guru dan murid serta menjadi contoh bagi MGMP lainnya. Antusias dan semangat pengurus dalam menentukan program MGMP ini tercermin dengan kehadiran pengurus mencapai 87,5% dan setiap bidang telah menyiapkan program untuk kegiatan MGMP kedepannya. 21 hadir dari 24 pengurus yang menyatakan kehadirannya.

Kepengurusan MGMP periode 2022-2024 diyakini dapat membangkitkan semangat guru matematika yang selama ini vakum, mengingat pemilihan pengurus sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang mewakili sekolah negeri dan swasta. Semua sekolah negeri yang ada di kota medan sebagai corong informasi sehingga paling tidak ada satu orang guru matematika yang diikutsertakan dalam kepengurusan. Kehadiran guru penggerak dalam kepengurusan MGMP matematika diharapkan dapat menjadi “motor”, yang menggerakkan komunitas ini. Selanjutnya semua pengurus sepakat bahwa semua kepala sekolah dari mata pelajaran matematika akan dijadikan sebagai pembina MGMP Matematika Kota Medan.

Beberapa hal yang bisa dirangkup dari hasil rapat pengurus tersebut adalah bahwa pendanaan MGMP diupayakan dari program-program yang akan dibuat untuk seluruh pengurus dan anggota. Dengan kata lain, pengurus berusaha untuk tidak mengutip iuran anggota, kecuali jika dianggap sangat penting untuk kelangsungan kegiatan MGMP Matematika Kota Medan.

Bidang pengembangan profesi guru dalam waktu dekat berencana akan menyelenggarakan program sosialisasi filosofi Ki Hajar Dewantara dan Merdeka Belajar. Kegiatan ini akan dibuat secara daring dengan mengikutsertakan seluruh anggota dan pengurus MGMP. Program perdana ini dirasakan sangat penting mengingat program merdeka belajar saat ini menjadi program pemerintah yang sangat prioritas.

Dari bidang organisasi merencanakan akan membuat pendataan anggota MGMP Matematika secara menyeluruh serta menampung aspirasi anggota terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Kedepannya akan dibuat beberapa divisi (komunitas) dalam MGMP untuk memudahkan pendataan, dan ini akan dibicarakan langsung pada kabid Guru dan Tenaga Kependidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara.

Bidang Penelitian dan Pengembangan Kurikulum serta Bidang Pengembangan Media dan bahan ajar berencana membuat kegiatan pelatihan berupa penelitian Tindakan kelas, pelatihan membuat modul bahan ajar, dan media pembelajaran serta distribusi yang dapat dimanfaatkan semua anggota. Selain itu, untuk peningkatan kemampuan guru matematika di bidang Informasi dan teknologi maka akan diselenggaran pelatihan pemanfaatan Canva, Quizizz dan classpoint dalam pembelajaran matematika. Pelatihan berbayar ini diharapkan dapat membantu pemasukan kas MGMP Matematika Kota Medan nantinya.

Pengurus meyakini kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, sesuai perencanaan, jika seluruh pengurus dan anggota MGMP Matematika mau berkolaborasi dan berkonstribusi dengan baik. Semoga…

Oleh : Rosmalinda Ika Kesumawaty Br.Kembaren, M.Pd

#GuruPenggerak

#GPMenulis

#MGMPMMPioner

#Salamliterasi

Riviera, Rumah Literasi, 310522

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

31 May
Balas

Alhamdulillah karya yang luar biasa Ibu

31 May
Balas

Reportase yang menarik bunda Rosmalinda, semoga sehat selalu

31 May
Balas



search

New Post