Refleksi RPP demi Kesempurnaan
Refleksi RPP demi Kesempurnaan
Rencana program pembelajaran merupakan acuan seorang guru dalam melakukan pembelajaran. Guru membuat program sedemikian rupa yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat terlaksana.
Pada prinsipnya rencana pembelajaran memuat tujuan pembelajaran, kegiatan dan penilaian pembelajaran. Ini merupakan unsur pokok yang terpenting dalam membuat rencana pembelajaran. Sedangkan untuk kelengkapannya rencana pembelajaran hendaklah memuat kompetensi dasar, kompetensi inti dan indikator pencapaian kompetensi, serta memuat identitas RPP seperti judul, jenis serta jenjangnya.
RPP yang sudah dibuat dan diterapkan pada peserta didik perlu dilakukan refleksi guna menguatkan dan menyempurnakan RPP tersebut. Dalam praktek pembelajaran yang menggunakan RPP guru bisa melihat dimana kelemahan RPP yang harus dilengkapi atau ada bagian harus disempurnakan.
Pada RPP yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linier tiga variabel SPLTV yang saya unggah di laman portal guru berbagi, telah memuat unsur-unsur yang pokok seperti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.
Tujuan pembelajaran yang termuat dalam RPP tersebut dikembangkan dalam bentuk pembelajaran yang inovatif, berbasis HOTS dengan menggunakan pendekatan TPACK yang dilaksanakan dalam kelas luring.
Materi yang disajikan merupakan materi kontekstual yang berkaitan denga system persamaan linier tiga variabel. Diangkatnya masalah yang sering dihadapi peserta didik dalam kehidupan nyata diharapkan mampu mengarahkan peserta didik untuk berfikir kritis, kreatif dalam membuat model matematika, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.
Penanaman konsep disajikan melalui lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang dibuat sedemikian rupa yang telah memiliki unsur-unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan kritical thinking, kreative thinking, reflektif thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui based activities
Pada awalnya RPP tersebut belum dilengkapi dengan kejelasan materi prasyarat dan belum memuat lampiran penilaian sikap dan keterampilan. Setelah dilakukan refleksi, materi prasyarat berupa penyelesaian system persamaan linier tiga variable dengan menggunakan metode substitusi, eliminase dan gabungan telah dicantumkan. Penilaian sikap dan keterampilan yang dilampirkan pada refleksi RPP telah dilengkapi dengan kriteria penilaian yang diharapkan sudah mampu mengukur keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran sistem persamaan linier tiga variabel.
Diharapkan RPP yang telah dilakukan refleksi ini dapat digunakan dan memberikan hasil yang lebih baik dalam pembelajaran yang dilakukan.
Oleh : Rosmalinda Ika Kesumawaty Br.Kembaren, M.Pd
#TanHake-360
#LawanCorona
#MenangLawanCorona
#GuruPenggerak
#GuruMemesona
Medan, 2021-01-08. Alhamdulillah. Salam sehat. Salam literasi!
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar