Rudi Irawan

Mendidik dengan ikhlas...

Selengkapnya
Navigasi Web
Model Pembelajaran yang melatih Komunikasi Murid 'Think Pair Share'

Model Pembelajaran yang melatih Komunikasi Murid 'Think Pair Share'

Menjadi guru membuat kita harus banyak amunisi dan strategi didalam pembelajaran, tujuannya yaitu agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, apalagi saat ini pembelajaran abad 21 yang selalu digaungkan dan didengungkan. Pembelajaran konvensional sudah tidak cocok bagi siswa kita.

Saya masih teringat dengan cerita teman saya yang katanya pada waktu pelajaran dia selalu diajarkan menulis sampai dengan daftar Pustaka pun ditulis, buku dan penapun habis beberapa kali, Ketika itu mungkin model seperti itu yang paling tepat.. mungkin ya.. Akhirnya teman saya itu sangat kesulitan untuk mengemukakan pendapat, berani berbicara menjawab dan bertanya .. karena tidak pernah ada proses pembelajaran yang mendukung aktivitas tersebut.

Nah,, pada saat ini banyak model pembelajaran yang bisa digunakan didalam pembelajaran yang bisa melatih siswa kita mampu berkomunikasi dengan baik,, apa ya???

Sangat banyak salah satunya Think Pair Share, ini salah satu model Cooperative Learning yang sangat cocok digunakan untuk melatih kemampuan dan keberanian siswa didalam berbicara.

Guru bisa memberikan sebuah tema, gambar, video atau teks, kemudian minta mereka berpikir beberapa menit, dan mintalah merekah berpasangan untuk saling bercerita tentang hasil pengamatan tersebut. Setelah itu mintalah mereka untuk sharing Bersama kelompok lainnya dan akan terjadi komunikasi antar kelompok jika jawaban dirasa maksimal.

Apa fungsi dan peran guru? Ya, menjaadi Fasilitator didalam pembelajaran..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus. Sangat inspiratif. Salam literasi

07 Dec
Balas

ulasan yang sangat informatif dan mencerahkan sehat selalu saudaraku pak Rudi Irawan salam skss dan salam literasi

06 Dec
Balas

Keren ulasannya pak Rudi.... Selamat berkarya!!!

07 Dec
Balas



search

New Post