Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengelola Google Form

Anda tahu bahwa Google Form bukan saja untuk membuat soal, namun masih banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari aplikasi ini diantara kegunaan yang lain adalah; mengelola acara, membuat polling, survey dan yang lainnya. Aplikasi ini gratis yang di sediakan oleh Google dengan catatan anda telah memiliki akun dan email di Gmail.com.

Nah di artikel ini akan dijelaskan bagaimana mengelola Google Form yang telah anda buat agar lebih cantik dan mengetahui hasilnya.

1. Untuk mempercantik tampilan judul atau tampilan awal anda klik gambar tampilan tema ( ), akan muncul beberapa pilihan tema :

a. Tema gambar (image) untuk header anda bisa memilih gambar dari komputer anda, gambar yang di sediakan oleh Google Form atau mengambil dari internet. Ketika anda klik gambar akan muncul menu pilihan gambar seperti tema kantor dan sekolah, ilustrasi, Ulang tahun, pesta dan lain sebagainya) anda bisa memilih sesuai dengan tema yang anda buat. Karena anda membuat untuk keperluan pendidikan maka anda memilih tema kantor dan sekolah dengan cara arahkan kursor ke gambar yang anda inginkan, kemudian klik sisipkan (insert)

b. Warna tema berfungsi untuk memberikan warna tema yang anda buat yang muncul pada tampilan alamat link yang pertama ketika alamat tersebut di buka. Langkahnya cukup mudah klik warna yang di sediakan.

c. Warna latar belakang berfungsi untuk memberi latar belakang sesuai dengan warna yang anda pilih atau klik.

d. Gaya Font berfungsi untuk merubah bentuk tulisan, anda cukup pilih bentuk huruf yang anda inginkan dengan pilihan font dasar, dekoratif, formal, dan lucu .

2. Mengelola respon atau hasil Google Form. Apabila anda mengirimkan alamat atau link yang anda buat, maka secara otomatis semua jawaban yang telah di isikan akan masuk di kolom respon dan anda akan mengetahui berapa orang yang telah merespon Google Form tersebut . Langkah klik respon akan muncul menu ringkasan, pertanyaan dan individual, diatas muncul tanda icon spreadsheet. Secara rinci akan dijelaskan masing-masing menu tersebut :

a. Ringkasan, di menu ini akan ditampilkan grafik pertanyaan dan hasil dari Google Form . Dari sini kita bisa mengetahui hasil yang kita inginkan.

b. Pertanyaan, menu ini memuat daftar pertanyaan yang anda buat dan berapa jumlah respon yang menjawab

c. Individual, menu ini memuat responden dengan keseluruhan jawabannya secara individu. Bila dalam bentuk soal pilihan ganda anda bisa mengetahui nilai setiap siswa, soal yang tidak bisa dijawab siswa

d. Tanda spreadsheet, berfungsi untuk melihat hasil respon dalam bebtuk exel, dengan cara klik gambar ikon exel tersebut, akan muncul format exel, anda bisa mengunduh di menu file unduh dengan format exel.

#tantangangurusiana

Tantangan hari ke 2

Sudah dulu ya...besuk kita belajar Google Classromm, Semoga Virus Covid 19 Segera hilang dimuka bumi ini, Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Monggo ibu...dengan senang hati...

24 Mar
Balas

Wsh hebaaat Bu. Saya makah blm bisa. Kpn2 boleh saya belajar dengan Ibu ya?

22 Mar
Balas



search

New Post