Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penilaian di Classroom

Penilaian di Classroom

#Tantangangurusiana

Tantangan hari ke 7

Di tengah penyebaran virus corona pembelajaran daring adalah suatu keharusan. Pemerintah mengumumkan perpanjangan bekerja dari rumah terkait semakin meluasnya virus tersebut. Pada artikel yang lalu saya jelaskan langkah-langkah membuat tugas kepada siswa di Classroom. Pada kesemaptan ini akan dijelaskan cara menilai tugas siswa yang anda berikan. Berikut langkah-langkah memberikan penilaian

1. Tampilan Tugas

Untuk melihat tampilan tugas di kelas anda klik tugas akan muncu beberapa menu yaitu; (a) tugas yang diserahkan siswa atau siswa yang sudah menyelesaikan tugas, (b) tugas diberikan adalah siswa yang belum melengkapi tugas seperti lampiran atau belum diserahkan ke guru dan (c) tugas yang di nilai oleh guru, (d) lihat tugas , dimenu ini anda bisa melihat seluruh tugas yang doselesaikan siswa atau belum, menu- menu tampilan tugas kita seperti gambar berikut :

2. Menilai Tugas

Untuk mulai menilai tugasa klik “lihat tugas” maka akan muncul seluruh tugas siswa, klik siswa yang akan dinilai ada dua langkah :

a. Langsung

Apabila tugas itu berupa jawaban yang ditulis langsung di classroom anda bisa langsung memberikan nilai di kolom nilai di samping siswa, setelah memberikan nilai klik tanda titik tiga klik kembalikan maka akan muncul popup “Kembalikan Pekerjaan ke 1 Siswa” pada tahap ini anda bisa memberikan komentar pribadi tentang tugas tersebut, maka siswa akan mengetahui nilai dan komentar anda di akunnya. Langkah terakhir klik kembalikan.

b. Menilai tugas berupa file

Memberikan nila tugas berupa file dan anda harus membaca tugas tersebut terlebih dahulu dengan cara klik tugas yang diserahkan siswa maka muncul beberapa tampilan sebagai berikut (a) nama siswa dan tampilan tugas siswa tersebut di layar, anda bisa mengecilkan atau memperbesar tampilan tugas siswa; (b) nilai yang anda berikan bila belum dikembalikan ke siswa maka nilai itu masih menjadi draf daan bisa di rubah.Tanda panah kanan kiri di samping nilai adalah untuk mencari siswa setelah atau sebelum siswa yang tampil di layar.Dipojok kanan sebelah layar ada beberapa menu yaitu; (a) file menu ini adalah file-file yang diunggah atau dikirim oleh siswa; (b) adalah tampilan tugas siswa; (c) kolom untuk memberikan nilai ; (d) kolom memberikan komentar pribadi yang hanya bisa dibaca oleh siswa tersebut (e) Posting, setelah memberikan komenter klik posting; (f) setelah tahapan a - e selesai klik kembalikan, maka akan muncil popup seperti gambar berikut :

Demikian penjelasan singkat bagaimana memberikan penilaian di Classroom, semoga bermanfaat. Mari kita selalu selipkan doa Ya Allah bila Virus ini tentaramu, maka ambilah virus tersebut, izinkan kami umat Muslim menyambut bulan suci Ramadhan seperti tahun lalu, izinkan kami salat tarawih di masjid, izinkan kami memohon ampun atas kesombongan kami, Ya Allah lindingilah negara kami, lindungilah keluarga kami, Ya Allah Engkau adalah sebaik-baik Penjaga. Ulurkan tangan-Mu, Ya Allah kabulkan permohonan dan doa kami... Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Terima kasih ilmunya

31 Mar
Balas

Amiin... Marhaban ya ramadlan... Pergilah covid 19

28 Mar
Balas

aamiin makasih bun...

28 Mar



search

New Post