Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web
UNBK yang Unik...
Kami Sudah UNBK

UNBK yang Unik...

Surat Edaran Menteri Nomor 4 tahun 2020 karena adanya Covid 19 salah satu isinya adalah Ujian Nasional tahun 2020 di batalkan, termasuk Uji Kompetensi Keahlian bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun sebelum edaran ini dikeluarkan sebagian SMK sudah menyelenggarakan UNBK termasuk Jawa Timur dengan mengacu pada protokol kesehatan yang yang telah ditetapkan. Sekolahpun sudah melakukan persiapan yang luar biasa, para proktor dan panitia bekerja satu minggu sebelum pelaksanaan mulai dari seting lab, pengaturan sesi, singkronisasi dan persiapan administrasi lainnya. Tanggal 12 Maret ada surat dari BSNP terkait Protokol Pelaksanaan UN tahun 2019/2020 untuk penanganan penyebaran Covid 19. Para Panitiapun menindaklanjuti surat tersebut, mulai dari menyiapkan cairan disinfectan, hand sanitizer. Karena virus semakin bertambah di Indonesia ternyata disinfectan, hand sanitize, masker dan alkohol laangka dan harganya melambung. Anak-anakpun dihimbau membawa masker dan yang sakit sebaiknya jangan masuk.

Tanggal 16-19 Maret pelaksanaan UNBK, Panitia tiba disekolah pada pukul 06.00, pengawas dari luar sekolah sudah tiba pada pukul 06.30 di sertai dengan kehadiran siswa sesi 1 yang dilaksanakan jam 07.30-09.30 WIB. Para siswa dikumpulkan di aula untuk mengisi daftar hadir, mengikuti pengarahan, dan pengecekan kehadiran, kemudian sebelum masuk mereka di kasih hand sanitizer. Setelah sesi pertama selesai dan anak-anak sudah keluar semua, tuga s panitia bertambah yaitu menyemprot setiap lab dengan disinfectan agar virus Covid 19 mati, tidak bangkit lagi mengusik kesehatan manusia. Anak-anakpun antusias mengikuti UN di tengah Virus Coron.

UNBK tahun ini adalah unik tidak seperti biasanya ada protokol kesehatan yang harus di penuhi, menyediakan handsanitizer, cairan disenfectan, tidak boleh bersalaman, menggunkan masker, dan penyemprotan untk sterilisasi ruangan setiap sesi.

Hari ini ada rapat koordinasi Direktur PSMK Rabu 1 April 2020 Pkl. 08.30 sd 10.15 melalui Vikon dengan hasil sebagai berikut :

1. PSMK Berada dibawah Dirjen Vokasi

2. Ada beberapa perubahan topoksi seperti PIP sekarang beraada di Pusat Layanan Pembiayaan

3. Adanya wabah covid 19, maka lomba2 yg sekarang dikendalikan oleh Pusat Prestasi Nasional dibatalkan.

4. Pengembangan SDM diprogramkan di dirjen GTK yaitu Upskilling dan Reskilling

5. SMK Harus bermitra dengan Industry, jika tidak punya namanya bukan SMK

6. Sistem Akreditasi sekolah sedang di susun berbasis industry, sehingga akreditasi sekolah juga akan menggambarkan kompetensi industry siswa.

7. Sekolah yang memiliki peralatan sejak tahun 2016 yang belum pernah digunakan untuk dilaporkan, alasannya tidak digunakan apakah SDM nya atau memang tidak butuh alat tersebut

8. Pengembangan produk kreatif siswa yang paling tepat dengan model Teaching Factory, dan mendorong sekolah untuk menjadi BLUD.

9. Pengembangan karakter siswa adalah pengembangan karakter budaya kerja di industry di sekolah

10. Kurikulum SMK sedang di godok oleh Pusat kurikulum

11. Politeknik didorong menjadi pendidikan D4 yang menghasilkan sarjana Terapan

12. SMK 4 th harus bekerjasama degan politeknik, sehingga lulusan smk 4 th akan setara dengan D2

13. UKK adalah bagian dari UN, karena UN dibatalkan maka UKK Juga batal

14. uji kompetensi siswa dapat dilaksanakan setelah suasana mendukung

15. Uji kompetensi lewat LSP yang telah diajukan ke BNSP dapat dilaksanakan bulan Agustus jika kondisi memungkinkan. Asesor yg telah kadaluarso masih diperbolehkan menguji.

16. Uji Kompetensi tidak mempengaruhi kelulusan

17. Siswa yang sudah melaksanakan UKK tetap dibuatkan sertifikat

18. Sidang kelulusan dilaksanakan secara daring

19. Dana BOS dapat digunakan untuk mendukung kegiatan KBM daring

20. Tidak ada SKHUN, karena tidak ada UN

Link Vicon (https://youtu.be/drkpVuwO5jU)

Dari hal tersebut di poin 20 bahwa tidak ada SKHUN karena tidak ada UN, permasalahannya bagaimana SMK yang sudah menyelenggarakan UN yang dilaksanakan tanggal 16-19 kemarin, apakah tidak di akomodasi, atau dibuatkan SKHUN sebagai bentuk apresiasi siswa yang telah mengerjakan dengan sungguh...kalau hal ini di ketahui para siswa bagaimana ya reaksinya...

Ya Semoga ada kebijakan baru yang membawa ke arah lebih baik, ditengah wabah covid 19, dan virus itu segera musnah dimuka bumi ini, sehingga kami bisa belajar mengajar di kelas tanpa kekhawatiran, dan saling curiga ada virus atau tidak di tubuh kami. Ya Allah Tariklah tentaramu...

Semoga ada bukti kalau kami sudah UNBK...bukan hanya foto saja..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga lelahnya menjadi Lillaah Bu.. Aamiin

03 Apr
Balas

Mantap bu

02 Apr
Balas

Semoga Corona segera berakhir ya Bun...makasih

02 Apr

Memang begini jadinya.Semua terjadi begitu saja

02 Apr
Balas

iya...moga Corono segera pergi nggih pak

02 Apr



search

New Post