Rukmini

GURU SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG...

Selengkapnya
Navigasi Web
Reproduksi Sel Dalam Zona Nyaman

Reproduksi Sel Dalam Zona Nyaman

(Tantangan hari ke- 26) #TantanganGurusiana Ada yang pernah mendengar atau menyanyikan lagu ini ? Judul lagunya 'Zona Nyaman' yang di nyanyikan oleh Ben dan Zodi, tapi dalam Pembelajaran IPa liriknya diganti. Judulnya : REPRODUKSI SEL Jadi kalau mau dinyanyikan gunakan nada lagu Zona Nyaman Ya... Berikut liriknya:

🎼 Pagi kepagi kumemikirkan suatu materi.. 🎼 Tentang Reproduksi sel yang masih jadi Misteri.. 🎼Tiga macam : Mitosis, Meiosis dan Amitosis... Mari simak biar kita Pahammm.. 🎼Reff : Pertama.. Mitosis, terjadi di sel tubuh.., Tahapannya : Profase, Metafase, Anafase, Telofase Identik Hasilnya... jumlahnya hanya dua, pertumbuhan tujuannya... 🎼Kedua , Meiosis, yang terjadi di alat kelamin. Tahapan sama saja, tetapi terjadi dua kali, ada empat, sel anak yang dihasilkan Meiosis. Membentuk sel gamet tujuannya... 🎼Terjadi reduksi, diploid ke Haploid , di Profase 1 ada : Leptoten, Zigoten, dan juga Pkaiten, Diakinesisnya tahapan terakhir. Hanya ada di Meiosis. 🎼Yang ketiganya milik dia yang disebut Bakteri... Bakteri... Yang ketiganya milik dia yang disebut Bakteri. Itulah Amitosis... Kembali ke Reff. Nah seperti itulah lirik 'Zona nyaman' yang Diganti ke Materi Pelajaran Reproduksi sel...

Bisa dilihat di youtube kok, ini linknya https://youtu.be/H5UiXeyxbJI

Anak dan Guru jadi Happy jika sudah menyanyikan lagu ini. Nah bagaimana langkah- langkah pembelajarannya...? Sama seperti RPP yang lainnya, ada kegiatan awalnya. Seperti biasa berdoa, Mengabsen, kemudian memberi motivasi dengan mendengarkan lagu Reproduksi Sel dengan bantuan tampilan laptop dan speaker aktif... Selajutnya ke kegiatan inti dengan menayangkan proses pembelahan reproduksi berdasarkan animasi yang ada di Youtube, lalu lempar pertanyaan dst. Alhamdulillah, anak2 kelihatan senang sekali jika sudah bernyanyi jadi selama beberapa pertemuan, sebelum kegiatan inti disempatkan bernyanyi dulu, di tengah pelajaran saat anak sudah tampak boring juga kembali diajak bernyanyi lagi, begitu juga diakhir pelajaran... sampai akhirnya tanpa sadar anak- anak jadi hafal dengan liriknya. Bahkan dengan bernyanyi anakpun bisa menghubungkan dan membayangkan pembelahan sel yang terjadi. Dengan demikian materi Reproduksi Sel yang tadinya adalah materi yang sulit dipahami dan susah membedakan antara Mitosis, Meiosis dan Amitosis. Dengan lagu semua jadi mudah..

Jadi maksud dan Tujuan menggunakan metode pembelajaran bernyanyi agar siswa tidak bosan dalam pelajaran yang diberikan oleh guru, dan lebih mengingat banyak apa yang diajarkan .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah..mantap..hebat bu hj terima kasih... .ijin share ya bu...

13 Feb
Balas

Mangga Say....

14 Feb

Mau nyanyi! Tapi bersama biar kita hapal materi.

14 Feb
Balas

Manttap Bu Hsji

14 Feb
Balas

Kreatif

14 Feb
Balas

Ingin anak senang belajar... Bu

14 Feb

Kerennn, kreatif sekali bu hj

14 Feb
Balas

Biar anak nggak tegang Mrs, dengan saya anak bawaannya tegang klo belajar...

14 Feb



search

New Post