Rumiyatun

Saya tidak memiliki latar belakang sastra, saya adalah orang eksak yang selalu berkutat dengan angka. Namun saya senang menulis walaupun tulisan sy sangat jauh ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Asinan Betawi Enyak Ipeh
Kuliner khas Jakarta

Asinan Betawi Enyak Ipeh

Asinan Betawi Enyak Ipeh

Pagi itu matahari bersinar begitu terik, padahal jam baru menunjukkan pukul 09.00. Biasanya di jam seperti itu sinar matahari masih terasa sejuk, tapi tidak untuk hari itu. Terlihat aktifitas kesibukan dari sebuah rumah sederhana, seorang anak terlihat sangat sibuk keluar masuk rumah.

"Abdul...gimane udah rapih ape belum?" Tanya seorang wanita dari dalam rumah dengan logat Betawi yang khas.

"Iya nyak bentar lagi selesai, Abdul lagi tata barang-barang dagangannya." Jawab anak laki-laki yang dipanggil Abdul.

Tidak berapa lama muncullah wanita tersebut dari dalam rumah. Ia membawa sebuah plastik besar yang berisikan kerupuk mie.

" Nih...pindahin kerupuk ini ke dalam kaleng ye. Enyak mau goreng kacang taneh dulu." Kata wanita tersebut sambil menyodorkan plastik ke Abdul.

Wanita itu adalah ibunya Abdul, ia bernama Ipeh. Abdul lahir dari orang tua yang asli Betawi. Ayah Abdul sudah lama meninggal dunia sejak Abdul berusia 7 tahun. Sekarang Abdul duduk di kelas 6 SD, setiap pagi ia membantu ibunya berjualan asinan. Kebetulan Abdul bersekolah di SD petang.

"Enyak.... ada yang mau beli asinan." Teriak Abdul memanggil ibunya

" Iye, suruh tunggu dulu aje, Enyak lagi bikin sambelnye." Jawab ibunya dari dalam rumah.

Asinan Jakarta Enyak Ipeh memang terkenal maknyus, dengan sayurannya yang segar serta toppingnya dan bumbunya. Wajar saja walaupun masih pagi sudah ada pelanggan yang datang. Enyak Ipeh sudah tahunan berjualan asinan dari sebelum suaminya meninggal dunia. Memang berdagang asinan merupakan mata pencaharian keluarga. Dulu mendiang suaminya selalu berjualan asinan keliling dan Enyak Ipeh berdagang di rumah. Tidak berapa lama datang Enyak Ipeh dengan membawa toples berisi kacang goreng dan beberapa wadah sambel yang kemudian diletakkan di meja yang sudah tertata rapih.

"Eh...neng Tari, tumben pagi-pagi sudah nyari asinan ?" Tanya Enyak Ipeh kepada pelanggan perdananya dengan gaya khasnya.

" Iya nyak, Tari mau bawa asinan ke kantor, siapa tahu teman-teman ketagihan sama asinan enyak." Jawab Tari sambil tertawa kecil.

Kelezatan asinan Enyak Ipeh memang terkenal dari mulut ke mulut dan melalui promosi pelanggannya, seperti yang dilakukan Tari.

" Asinan Enyak Ipeh tuh ngga ada duanya, rasanya maknyus apalagi kalau dimakan pas hari panas seperti sekarang ." Ucap Tari sambil menggoda Enyak Ipeh yang sibuk meracik asinan pesanannya.

"Alhamdulillah...kalau neng Tari demen ame asinan Enyak. Karena ini satu-satunye cara buat ngidupin dan biayain sekolah Abdul." Jawab Enyak Ipeh.

Sebenarnya Enyak Ipeh juga pandai membuat kue-kue basah khas Betawi, namun ia hanya membuat jika ada pesanan saja.

" Bukannya, Enyak pintar membuat kue? Nanti saya pesan ya kalau ada acara di kantor." Ucap Tari sambil menyodorkan uang kepada Enyak Ipeh.

"Iye boleh, neng Tari tinggal bilang aje mau pesen Cucur, Bugis ape Pepe, ntar Enyak bikinin." Jawab Enyak Ipeh semangat sambil memberikan asinan yang sudah siap.

Matahari mulai bertambah terik, tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.00. Waktunya Abdul berangkat ke sekolah, ia mengendarai sepeda ke sekolah.

"Enyak, Abdul berangkat sekolah ya." Ucap Abdul sambil mencium tangan ibunya.

" Iye, ati-ati. Pulang sekolah kagak pake mampir kemane-mane, bantuin Enyak rapihin warung." Jawab Enyak Ipeh.

Sesampai di sekolah Abdul langsung meletakkan sepedanya di parkiran. Setelah sholat dzuhur, ia langsung menuju ke kelasnya. Hari ini akan diumumkan siapa siswa terbaik yang akan mewakili sekolah pada kompetisi siswa berprestasi se Jakarta Barat. Detik-detik begitu menegangkan saat pak Ahmad memasuki ruang kelas dan bersiap mengumumkan siapa siswa terbaik itu. Seisi ruang kelas hening menunggu pak Ahmad membacakannya.

" Baiklah sesuai hasil seleksi dan rapat dewan guru, maka sekolah memutuskan bahwa siswa yang akan mewakili sekolah kita, yaitu...Abdul...". Pak Ahmad mengucapkan nama Abdul dengan lantang.

Sungguh Abdul tidak menyangka kalau dirinyalah yang terpilih. Abdul memang salah satu siswa yang pandai di sekolahnya, dia selalu mendapat peringkat di kelas.

"Abdul silahkan ke depan!" Pinta pak Ahmad padanya.

Abdul melangkah dengan wajah berseri-seri. "Terima kasih pak, teman-teman semua, berkat doa dan semangat kalian semua saya bisa." Ucap Abdul sambil sesekali menyeka air mata.

"Saya akan berusaha yang terbaik, agar sekolah kita menjadi juara." Ucap Abdul. Diiringi ucapan selamat dari teman-temannya.

Dalam pemilihan siswa berprestasi, peserta diminta membuat satu tulisan tentang kekhasan budaya ataupun makanannya Jakarta.

"Abdul, dari setadi Enyak perhatiin bengong aje, emang ade ape tadi di sekolah?" Tanya Enyak Ipeh kepada anak semata wayangnya itu.

" Eh Enyak, engga ada apa-apa. Abdul cuma lagi kepikiran aja, buat lomba siswa berprestasi minggu depan. Abdul mau nulis apa ya tentang jakarta." Jawab Abdul seraya merebahkan kepalanya di pangkuan ibunya yang duduk di sebelahnya.

"Kenape bingung, Abdul kan bisa nulis tentang asinan Enyak. Abdul pan juga udeh pinter bikinnya. Jadi ntar kalau disuruh peragain udah kagak bingung iye pan."jawab Enyak Ipeh semangat.

Sejenak Abdul terdiam memikirkan ucapan ibunya. Tiba-tiba ia bangkit "iya bener kata Enyak. Emang Enyak Abdul paling pinter." Ucap Abdul sambil mencium pipi ibunya.

Keesokan harinya Abdul mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk membantu tulisan nya. Ia terus memperhatikan ibunya pada saat meracik bahan-bahan untuk membuat asinan dan tidak lupa resep andalan ibunya itu.

Tibalah hari dimana Abdul harus mempresentasikan hasil tulisannya di depan dewan juri. "Saya memberikan judul tulisan saya "Asinan Enyak Ipeh Warisan Turun temurun". Ucap Abdul memulai presentasinya.

Hampir sekitar 20 menit ia mempresentasikan hasil tulisannya. Dan tidak hanya itu, rupanya Abdul sudah menyiapkan bahan-bahan membuat asinan untuk diraciknya sendiri dan disuguhkan kepada para dewan juri.

"Bapak/ibu dewan juri, Abdul sudah membawa bahan-bahan membuat asinannya perkenankan Abdul memperagakan cara membuatnya." Kata Abdul seraya meminta ijin kepada dewan juri.

Seluruh dewan juri pun mempersilahkan Abdul untuk membuat asinan resep ibunya itu.

"Wah...maknyuss sekali asinannya. Kamu memang benar-benar berbakat." Puji salah satu dewan juri.

Juri yang lain tidak mau kalah mereka langsung mengacungkan jempol dan menghabiskan asinan buatan Abdul.

Tiba saat pengumuman dan Abdul dinyatakan sebagai juara pertama siswa berprestasi dan siap melanjutkan ke tingkat provinsi.

Sesampainya di rumah Abdul langsung berlari ke dalam mencari ibunya, namun tidak ditemuinya. Kemudian ia mengitari rumah sambil berteriak memanggil ibunya. Tidak lama datang seseorang dan menyampaikan bahwa ibunya dibawa ke rumah sakit. Tanpa pikir panjang Abdul langsung mengayuhkan sepedanya sekuat tenaga menuju rumah sakit.

Tiba di rumah sakit, Abdul langsung bertanya kepada petugas, tempat ibunya dirawat. Ia langsung memeluk ibunya sambil menangis.

"Enyak, Enyak ngga kenapa-kenapa kan?"tanya Abdul sambil terus menangis.

"Enyak kagak kenape-kenape, cuman kecapean aje. Oh iye gimane lombanye?anak Enyak pasti juare ye?" Tanya Enyak Ipeh sambil menghapus air mata Abdul.

Abdul menyerahkan piala yang dibawanya kepada ibunya.

"Abdul tiga hari lagi lomba ke tingkat provinsi nyak, lombanya di balai kota kalau menang dapat piala dari pak gubernur." Jelas Abdul sambil mencoba tersenyum.

"Trus Abdul di suruh nulis lagi?" Tanya enyak Ipeh

"Iya nyak, kata pak guru, Abdul kembangin aja tulisan yang kemarin itu."jawab Abdul.

"Tapi Abdul bingung nyak, dikembangin gimana ya?" Lanjut Abdul sambil menggaruk kepalanya yang tidak gatal sama sekali.

Enyak Ipeh tersenyum melihat anak laki-lakinya itu. Sambil memegang tangan Abdul, ia berkata,"kalau kemaren kan Abdul cuman nulis tentang asinan sayur, gimane kalau sekarang Abdul tambahin asinan buahnye. Asinan Jakarta ntu beda same asinan yang lain biarpun bahan dasarnye same tapi ade bumbu yang kagak same." Jelas Enyak Ipeh meyakinkan Abdul.

Sejuk rasanya perasaan Abdul mendengar penjelasan ibunya. Selama mempersiapkan lomba, Abdul dibantu oleh cing ijah, adik ibunya.

Saat perlombaan pun tiba, Abdul yang ditemani oleh pak Ahmad dan beberapa temannya sudah tiba di balai kota. Mereka sengaja datang lebih awal agar tidak terjebak macet, maklum Jakarta siang sedikit saja langsung macet dimana mana.

Acara lomba dimulai pukul 08.00. Satu persatu para peserta menampilkan hasil tulisan mereka. Kini tiba giliran Abdul, dengan langkah mantab ia menuju podium dan mulai mempresentasikan tulisannya. Seperti lomba sebelumnya Abdul membawa bahan-bahan asinan yang menjadi objek tulisannya itu. Ia pun meminta ijin pada juri untuk menyuguhkan asinan buatannya sendiri dan tentu saja resep dari Enyak Ipeh ibunya. Kali inipun reaksi para juri sama seperti juri sebelumnya. Mereka sangat suka dan merasakan sensi yang luar biasa setelah mencicipi asinan dari Abdul.

"Saya pencinta makanan, dan saya sangat suka asinan. Namun baru kali ini saya merasakan asinan yang rasanya luar biasa maknyuss..."ucap salah seorang juri.

"Siapa yang mengajarimu membuat asinan seenak ini Abdul ?"tanya juri yang lain kepada Abdul.

"Saya belajar dari Enyak saya pak, Enyak dan almarhum babeh saya pedagang asinan. Dan kata Enyak sudah turun temurun dari orang tuanya dulu."jelas Abdul

Sesi presentasi selesai, Juri pun mengadakan rapat untuk menentukan siapa yang layak menjadi juara siswa berprestasi tingkat provinsi DKI Jakarta. Sambil menunggu pengumuman Abdul mencoba menghubungi cing Ijah untuk menanyakan keadaan ibunya dengan meminjam gawai pak Ahmad. Namun tidak ada jawaban dari cing Ijah, ia mulai gelisah memikirkan ibunya yang sedang sakit. Tiba-tiba terdengar suara dari pengeras suara bahwa semua peserta diminta berkumpul di aula. Dalam kegelisahannya Abdul melangkah bersama pak Ahmad dan teman-temannya menuju aula. Salah seorang panitia sudah bersiap di atas panggung untuk mengumumkan pemenangnya . Dan tanpa diduga ternyata Abdul berhasil menjadi juaranya.

"Abdul, Abdul kamu jadi juara."kata pak Ahmad menepuk pundak Abdul yang sedang termenung

"Oh, eh masa pak?"tanya Abdul setengah tidak percaya.

"Ayo sana kamu ke atas panggung untuk menerima pialanya. Abdul jangan sedih ya, setelah ini kita langsung ke rumah sakit melihat ibumu." Kata pak Ahmad seraya menghibur Abdul.

Abdul pun melangkah menuju panggung untuk menerima piala. Ia diberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata. Abdul mengucapkan syukur kepada Tuhan, ucapan terimakasih kepada semua orang yang sudah berjasa padanya, sehingga ia bisa menjadi juara. Namun tiba-tiba ia menangis karena teringat ibunya yang sedang sakit.

"Hadiah ini saya persembahkan untuk orang yang sangat berjasa pada hidup saya. Tapi sayang beliau tidak disini karena sedang dirawat di rumah sakit." Ucap Abdul sambil menahan tangisnya.

Tiba-tiba datang seorang wanita paruh baya dan langsung memeluk Abdul dari belakang. Abdul hafal benar dengan pelukan dan harum tubuh itu. Ia langsung berbalik dan benar saja yang memeluknya adalah Enyak Ipeh, ibu yang sangat ia cintai. Dan semua yang hadir terharu melihatnya. Pak gubernur yang masih berdiri di sebelah Abdul memberikan selamat kepada Enyak Ipeh karena sudah mendidik Abdul menjadi anak yang pandai, berbakat dan tentunya kuat.

"Selamat ibu, semoga kelak anak ibu menjadi anak yang terus membanggakan orang tua."ucap pak gubernur sambil menjabat tangan Enyak Ipeh.

Pak gubernur juga memberikan hadiah kepada Enyak Ipeh modal usaha untuk mengembangkan usaha dagang asinan Jakarta. Dan asinan Enyak Ipeh selalu menjadi menu andalan pada setiap perayaan hari-hari besar di Jakarta. *******

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Langgan saya itu, Bu Rumi...

03 Dec
Balas

Mksh ibu, msh taraf bljr nih bu

10 Nov
Balas



search

New Post