Rury Ariyani

Mother Writer Teacher Traveller...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perubahan Kurikulum
Perubahan Kurikulum

Perubahan Kurikulum

Perubahan Kurikulum

Perubahan siapa yang tak ingin berubah ? Sedangkan jaman dahulu sering kita melihat superhero dengan ikonnya "Berubah" dan itu selalu memotivasi seorang anak kecil yang ingin berubah, dari diri yang lemah menjadi diri yang kuat.

Tetapi, ada pendidik yang tak ingin perubahan itu terjadi, tetap pola lama. Seperti di PAUD yang didalamnya ada TK, RA, KB dan SPS, banyak dari mereka yang berkecimpung ke dunia PAUD selalu hanya berprioritas pada pola pembelajaran CALISTUNG saja, tidak mau merubah pola yang baru, yang sudah di dengungkan bahwa belajar di PAUD, pembelajarannya bermain sambil belajar.

Dari mulai pembelajaran kelompok, area dan terakhir sentra, tetap saja pembelajarannya calistung saja. Padahal di usia PAUD, seharusnya anak PAUD banyak diberikan stimulasi yang termuat dalam 6 aspek, yakni : aspek nilai agama dan moral, aspek berbahasa, aspek logika, aspek sosial emosional, aspek fisik motorik dan aspek seni (untuk kurikulum terbaru, aspek seni ditiadakan, karena sudah bisa termuat dalam 5 aspek sebelumnya).

Saat ini, sudah mulai digerakkan sekolah penggerak yang dilakukan oleh Kemdikbud RI, penggunaan kurikulum 13 sudah mulai disempurnakan dengan adanya kurikulum prototipe, wah apalagi ini ?

Yup, perubahan kurikulum prototipe yang akan diberlakukan adalah perubahan yang tidak hanya menyentuh level PAUD saja, melainkan menyentuh hingga pendidikan dasar hingga menengah atas. Sehingga diharapkan akan muncul Profil Pelajar Pancasila yang memiliki nilai Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, Berkebhinekaan Global dan Bergotong royong dengan menitikberatkan pada pembelajaran proyek yang bisa dilakukan dengan banyaknya aktifitas yang program pembelajarannya dirancang sesuai kearifan lokal dan potensi minat bakat anak.

Jadi, saatnya berubah, apakah anda mau berubah ? Jika masih dalam keterbatasan sarana prasarana, bukan suatu prioritas. Asal kita mau berubah dan merancang perubahan sesuai dengan kearifal lokal dan potensi anak didik.

#TantanganMenulisGurusiana =TMG_hariKe11 #SekolahPenggerak #KBALBAHRI #PerubahanKurikulum

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post