rusdiana djuni

Belajar merangkai kata, menuangkan dalam untaian kalimat berupa tulisan penuh makna, semoga positif dan barokah. Seorang istri sekaligus ibu bagi d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat mpek mpek lenjer

Membuat mpek mpek lenjer

T 197/ 909

Mencoba resep Mpek mpek

Sabtu pagi libur, dirumah saja berdua dengan anak bujang yang bontot. Selesai memberi makan anabul anabul tercinta lanjut berberes rumah. Tak terasa jam 09.00 sudah rapi semua.

Cibubur hujan seharian, pingin jajan cemilan tapi malas keluar rumah, hujan becek. Sepertinya bikin cemilan asik buat isi waktu. Kali ini pingin membuat mpek mpek sederhana. Bahan bahan semua ada. Tepung tapioka dan terigu ada tersedia, untuk bahan cuko kuah mpek mpek juga ada dikulkas. Oke mari kita siapkan bahan mpek mpeknya.

Bahan mpek mpek terdiri atas air, terigu, tepung tapioka, ebi segenggam, bawang putih 2 buah, telor 1 butir, garam, bumbu penyedap. Ebi di blender bersama 2 siung bawang putih dan sedikit air jangan lupa masukan garam dan bumbu penyedap. Setelah halus sisihkan.

Cara membuat mpek mpek.

Campurkan air serta tepung terigu, masak hingga tepung terigu matang dan kalis. Matikan api. Masukan ebi halus di ulenan terigu yang telah kalis, aduk hingga rata. Tambahkan satu butir telur, aduk rata semua. Setelah rata baru masukan tepung tapioka, diaduk supaya tangan tidak lengket, taburkan tepung tapioka. Bentuk mpek mpek lenjer.

Selanjutnya siapkan panci berisi air setengah. Masak air hingga mendidih, masukan 2 sendok minyak goreng agar mpek mpek tidak saling menempel satu sama lain. Saat rebusan mendidih baru masukan mpek mpek lenjer. Masak hingga matang. Tanda mpek mpek matang, jika mpek mpek sudah mengapung atau mengambang. Segera angkat tiriskan.

Untuk kuah cuko, pertama rebus air sekitar 3 gelas atau secukupnya, masukan 500 gram gula aren dan 2 sendok asam jawa. Kenapa tidak pakai cairan cuka melainkan asam jawa, alasannya semata mata untuk kesehatan ya. Cuka terlalu tajam diperut. Setelah kedua bahan tersebut mendidih matikan api dan saring ampas asam jawa.

Selanjutnya sebanyak 20 biji cabe rawit ijo serta 20 bawang putih dihaluskan ya. Untuk pedas cabe sesuai selera, jika ingin pedas tinggal tambahkan cabenya. Setelah halus, masukan bumbu tersebut kedalam panci berisi gula aren dan asam jawa tadi, didihkan. Setelah mendidih matikan kompor. Cuko di saring ampasnya. Sudah jadi cuko dan mpek mpek. Alhamduliĺah.

Mpek mpek lenjer dipotong potong lalu digoreng dahulu ya sebelum dinikmati. Angkat gorengan mpek mpek lenjer, baru tambahkan cukonya. Hemm rasanya mantap. Mpek mpek buatan sendiri, enak banget. Buat ngemil disaat hujan. Ada yang mau mpek mpek? Ayo ke Cibubur🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah...saya suka sekali mpek-mpek. Benar bun bikinan sendiri pasti mantap.Salam literasi.

17 Jul
Balas

Belajar bu saya, terimakasih SKSSnya bu, sukses selalu Bu Siti Aisyah

18 Jul



search

New Post