Rusdi Pati

ALumnus IKIP Negeri Semarang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan saat ini mengajar di SMP Negeri 1 Jaken sejak 1 Juli 2003. Menulis buku: 1. WRITERPRENEUR ME...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU (4)

MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU (4)

3. JENIS-JENIS BUKU

Siapa saja yang menginginkan sukses di dunia maka raihlah dengan ilmu. Siapa saja yang menginginkan sukses di akhirat maka raihlah dengan ilmu. Dan siapa saja yang menginginkan sukses di dunia dan akhirat maka raihlah keduanya dengan ilmu. Hadist Nabi Muhammad SAW

Buku memiliki berbagai jenis. Jenis buku berdasarkan bentuknya dibagi menjadi dua yaitu fiksi dan nonfiksi. Buku fiksi adalah buku yang berisi cerita khayalan atau tidak merupakan fakta. Buku ini meliputi kumpulan puisi, cerpen, novel, humor, drama, fanfiction, teenlit, dan anekdot. Kebanyakan buku-buku fiksi masuk dalam kategori buku sastra, walau begitu ada buku sastra yang masuk dalam kategori nonfiksi yaitu esai sastra dan kritik sastra. Buku nonfiksi adalah buku yang tidak termasuk buku-buku fiksi. Isinya berupa esai, artikel, laporan penelitian dan juga kritik. Buku-buku kelompok nonfiksi ialah buku pelajaran, kumpulan artikel, kritik sastra, buku agama, keterampilan, pertanian dan lain-lain. Kebanyakan buku nonfiksi masuk kategori buku umum.

Berdasarkan kelompok pembaca, buku digolongkan menjadi empat kelompok yaitu anak-anak, remaja, dewasa dan keluarga. Buku anak-anak adalah buku yang berisi materi-materi bagi pendidikan anak. Buku ini seperti dongeng, cerita anak baik yang bergambar maupun tanpa gambar, ilmu pengetahuan dan permainan. Ciri-ciri buku anak adalah hurufnya besar-besar, bergambar warna, kertasnya tebal dan kalimatnya sederhana. Ini dimaksudkan agar anak mudah membaca dan memahami isi buku. Ada juga buku untuk TK yang biasanya berisi hewan, buah dan huruf-huruf.

Buku remaja biasanya berisi cerita remaja yang banyak sekali kisah cinta dan kenakalan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Biasanya buku ini tidak terlalu tebal dengan huruf biasa. Kalimatnya sudah rumit dan mungkin membutuhkan pencernaan lebih dalam. Buku-buku pelajaran bisa dimasukkan untuk kelompok remaja karena memang remaja kebanyakan masih sekolah di pendidikan dasar dan menengah.

Buku dewasa isinya sudah kompleks. Pembacanya sudah umum. Kalimatnya rumit dan perlu perhatian khusus. Walau tidak menutup kemungkinan, buku ini sederhana kalimatnya. Buku keluarga juga masuk dalam buku dewasa. Namun, isinya saja yang cenderung mengupas masalah-masalah keluarga seperti masalah pendidikan anak, perkawinan, keuangan, pembangunan rumah tangga dan seks.

Sementara itu berdasarkan jenis isinya buku digolongkan menjadi beberapa golongan yaitu buku agama, keterampilan, pelajaran, cerita atau hiburan, hobi, kamus, ensiklopedia dan perjalanan. Buku agama adalah buku-buku yang mengupas masalah keagamaan baik itu berhubungan dengan manusia, hewan dan Sang Pencipta serta alam sekitar. Buku-buku ini banyak peminatnya dan peredarannya cukup besar di seluruh dunia. Buku-buku ini sangat dibutuhkan masyarakat karena isinya menambah wawasan juga bahan kajian dan meningkatkan kesalehan umat manusia pada Sang Khaliknya dan hubungannya dengan manusia dan alam sekitarnya.

Buku keterampilan banyak berisi teknik-teknik menambah kreativitas dan kemampuan individu dalam meningkatkan eksistensinya. Buku jenis ini seperti buku-buku bagaimana membuat atau melakukan sesuatu (how to do something), keterampilam lain seperti elektronika, memasak dan teknologi. Buku-buku hobi sama dengan keterampilan. Akan tetapi, tidak semuanya. Buku hobi biasanya berisi kesukaan seperti filateli, panjat gunung, memasak, elektronik dan lainnya.

Buku pelajaran merupakan buku yang banyak dibaca. Ini karena mutlak digunakan di sekolah oleh siswa. Buku jenis ini berisi materi pelajaran yang diajarkan di sekolah baik teori maupun prakteknya. Buku jenis ini banyak sekali jumlahnya terutama di perpustakaan sekolah.

Buku hiburan atau cerita adalah buku-buku yang sifatnya untuk kesenangan atau dibaca saat santai. Buku ini bisa meliputi cerpen, novel, puisi dan kumpulan cerita lucu atau anekdot. Buku ini banyak diminati pembaca karena ringan dan bahasanya renyah, mudah dimengerti dan santai.

Kamus merupakan buku yang berisi daftar kata beserta arti, penjelasan dan penggunaannya. Kamus ini banyak sekali manfaatnya. Selain menambah kosakata atau perbendaharaan kata, kita akan tahu arti kata dan asal bahasanya. Apalagi jika kamus itu dari bahasa asing atau daerah yang sebelumnya tidak diketahui dalam pelajaran bahasa asing atau daerah, kamus mutlak diperlukan.

Ensiklopedi merupakan kumpulan data-data beserta penjelasannya yang akurat. Baik itu berupa tokoh, tempat, negara, nama, binatang atau lainnya. Buku jenis ini banyak sekali manfaatnya karena informasi yang bisa diperoleh di sini banyak dan lengkap. Dengan membaca ensiklopedi, kita akan tahu banyak hal. Namun, sedikit sekali yang mau membaca ensiklopedi. Hal itu dikarenakan ketebalannya dan juga edisinya banyak.

Biografi adalah jenis buku yang berisi kisah orang dan sejarah perjuangannya. Biografi biasanya ditulis orang lain. Jika biografi ditulis sendiri oleh pelakunya maka disebut otobiografi. Biografi bisa tentang orang bisa juga organisasi atau perusahaan. Sementara buku perjalanan ialah buku yang berisi petunjuk perjalanan terutama wisata. Buku ini diterbitkan dalam rangka pemasaran pariwisata dengan peta dan jasa-jasa pelayanan lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya Sudah memperjelas berbagai jenis genre buku

28 Mar
Balas

Terima kasih komentarnya. ikuti saja terus tulisannya. semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam literasi.

28 Mar



search

New Post