Rusmiyati, M.Pd

Lahir di Blora pada tanggal 10 September. Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi UNJ, S1 PGSD UMJ, dan S2 Pendidikan IPS di Universitas Indraprasta Jakarta. Mul...

Selengkapnya
Navigasi Web
Speed Reading Agar Membaca Lebih Cepat #tantanganday25
Speed Reading Agar Membaca Bisa Lebih Cepat 

Speed Reading Agar Membaca Lebih Cepat #tantanganday25

Pada umumnya, setiap orang pernah melakukan kegiatan membaca. Baik membaca buku, koran, majalah, tabloid, novel, artikel, cerpen, puisi ataupun membaca rambu dan marka jalan. Dan kecepatan membaca setiap orang itu akan berbeda satu dengan yang lainnya. Tergantung pada tingkat kecerdasan dan juga keterampilan masing-masing dalam hal membaca. Berikut akan diulas tentang speed reading agar kegiatan membaca kita bisa lebih cepat.

Karena sebuah tuntutan perkembangan zaman yang serba cepat, dibutuhkan skill atau keterampilan dalam hal membaca cepat. Apa sih membaca cepat itu? Apakah membacanya sambil berlari, atau sambil kejar-kejaran? Waduh, bukan seperti itu juga sih. Membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dengan menggunakan gerakan mata dan dilakukan tanpa suara yang bertujuan untuk memperoleh informasi secara tepat dan cermat dalam waktu singkat.

Nah, agar kita dapat menguasai suatu keterampilan membaca cepat atau speed reading ini, maka yang harus kita lakukan adalah berlatih dan berlatih. Ada beberapa latihan yang dapat mengasah keterampilan membaca cepat atau speed reading tersebut.

Latihan untuk menguasai keterampilan membaca cepat atau speed reading

1. Melatih otot mata

Saat membaca, pada orang yang normal pastinya akan menggunakan indera mata. Penggunaan mata secara berlebihan untuk membaca, akan mengakibatkan mata Lelah. Oleh karenanya, ada beberapa treat agar mata tetap fresh. Yaitu dengan melatih otot mata. Dalam melatih otot mata, kita dapat melakukan gerakan-gerakan bola mata. Misalnya dalam keadaan terpejam, gerakkan bola mata ke atas ke bawah, lalu samping kiri dan kanan. Latihan seperti ini harus dilakukan setiap hari, masing-masing selama lima menit.

2. Melatih pheriperal mata

Pheriperal mata dapat dilatih dengan melakukan gerakan pandangan mata mengikuti gerakan telunjuk di depan mata. Hal ini bertujuan supaya seluruh bacaan dapat dijangkau oleh mata kita tanpa kita harus menggeleng-gelengkan kepala. Karena gerakan menggelengkan kepala saat membaca akan menghambat kegiatan speed reading atau membaca cepat.

3. Melatih pernapasan

Dalam melakukan latihan pernapasan, kita dapat melakukan dengan cara tarik napas yang panjang, lalu keluarkan secara perlahan-lahan. Kemudian, sambil diiringi latihan konsentrasi yang berhubungan dengan sikap duduk yang santai namun tegak. Jangan lupa untuk melibatkan asosiasi dan imajinasi. Dalam hal ini, kita berusaha seolah-olah sedang berkomunikasi dengan sang penulis melalui tulisan dalam buku atau bacaan yang sedang kita baca.

Demikian sekilas tentang latihan speed reading agar membaca bisa lebih cepat. Selamat mencoba.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih kembali bun..

13 Feb
Balas

Keren. Mks sdh diingatkan

08 Feb
Balas



search

New Post