Ru'yat Ismail

Saya lahir di Bandung tanggal 31 Desember 1973 dari kedua orangtua, H.Syamsudin dan Hj.Rahmah. mengawali pendidikan di sekolah dasar Linggar pada tahun 19...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAGAIMANA BERSUMPAH UNTUK TIDAK AKAN MELAKUKAN KEBAIKAN?
IHSAN

BAGAIMANA BERSUMPAH UNTUK TIDAK AKAN MELAKUKAN KEBAIKAN?

Diantara pebuatan baik yang dicontohkan Nabi adalah mendamaikan orang yang sedang sengketa dan meminta keringanan ketika bayar hutang.

Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang menginginkan Allah menyelamatkan dari semua siksa hari kiamat, maka hendaknya dia membantu orang yang mendaptkan kesulitan, membayar hutang atau atau membebaskannya." (HR. Muslim 1563 dari ABu Qataidah).

Suatu ketika Rasulullah SAW mendengar dua orang yang cekcok di depan rumahnya. salah satunya meminta kepada sahabatnya agar dibebaskan dan dia memminta agar meringankannya walaupun sedikit. maka orang itu berkata ; "Demi Allah saya tidak akan melakukannya", maka Rasulullah SAW keluar dari rumahnya dan berkata; " Dimana orang yang bersumpah dengan nama Allah untuk tidak melakukan kebaikan?", maka orang itu berkata; " saya wahai Rasulullah SAW, jika demikian, baginya (sahabat itu) apa yang dia suka." (HR.Bukhari 2705, Muslim, 1557 dari Aisyah RA).

Rasulullah SAW meminta kepada Ka'ab bin Malik untuk membebaskan seperuh hutang dan dia memenuhinya. Kemudian dia berkata pada teman konpliknya itu; "Bagunlah dan tunaikannlah." (HR. Bukhari 457, Muslim 1558 dari Ka'ab bin Malik).

Itulah sikap yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika mendapatkan atau melihat orang yang sedang bersengketa dengan temannya. Juga Rasulullah mengingatkan kepada kita bahwa sekali-kali kita tidak diperbolehkan untuk bersumpah atas nama Allah untuk melakukukan hal yang tidak baik.

Semoga kita tetap senantiasa dalam keridoan Allah SWT dan selamu berbuat baik dan membantu meringankan beban orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mencerahkan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

21 Aug
Balas

Amin amin amin, terimakasih bu

21 Aug



search

New Post