Ru'yat Ismail

Saya lahir di Bandung tanggal 31 Desember 1973 dari kedua orangtua, H.Syamsudin dan Hj.Rahmah. mengawali pendidikan di sekolah dasar Linggar pada tahun 19...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersedekah atas Nama Dua Orangtua  yang Telah Meninggal

Bersedekah atas Nama Dua Orangtua yang Telah Meninggal

Ada seorang laki-laki berkata : " Wahai Rasulullah ayaku telah meninggal dunia dan meninggalkan harta benda sementara dia tidak mewasiatkan, maka apakah bisa dibayarkan kaffarat dengannya dengan cara aku bersedekah atas nama dia? Rasulullah SAW bersabda, "Ya !" (HR. Muslim 1630 dari Abu Hurairah).

Ada orang laiin berkata , " sesunggunya ibuku telag meninggal dunia dan dia tidak mewasiatkan apa-apa. Sementara aku memperkirakan bahwa jika dia bisa bicara dia pasti akan bersedekah. Apakah dia akan dapatkan pahala jika aku bersedekah atas nama dia? Rasulullah SAW bersabda, Ya.!" (HR. Muslim 1004 dari Aisyah).

Dalam sebuah riwayat lain disebutkan, "apakah aku mendapatkan pahala jika aku bersedekah atas namanya? " Rasulullah SAW bersabda :" ya!

"Rasulullah SAW memerintahkan kepada Ubadah bin Shamit untuk mengqadha nadar yang menjadi beban ibunya."( HR. Bukhari : 2761 dan Muslim : 1638 dari Ibnu Abbas ).

Maka dengan demikian, menurut Izzzudin ibnu Salam mengatakan bahwa, jika memberi nafkah pada orangtua masih hidup adalah perbuatan baik, dan bersedekah atas namanya pada saat keduanya telah meninggal jauh lebih baik. Karena sesungguhnya pahala yang didapatkan keduanya dari sedekah itu jauh lebih baik dan lebih abadi dari kelembutan yang didapatkan oleh keduanya dari nafkah.

Sumber : Sajaratul Maa'rif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post