R. Yulia Yulianti, M.Pd

Pengawas SMP Kota Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
15. GELIAT'S ... TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

15. GELIAT'S ... TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

TANTANGAN HARI KE-15

#TantanganGurusiana

GELIAT merupakan kelompok kerja bidang literasi yang mewadahi gerakan literasi sekolah Kota Bandung. Diresmikan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil pada 18 Agustus 2016. Kelompok kerja ini merupakan organisasi yang beranggotakan semua unsur pegiat literasi yang ada di kota Bandung yang peduli pada literasi khususnya di tingkat persekolahan. Kepedulian berliterasi merupakan pencapaian cita-cita bangsa agar kita semua melek terhadap berbagai informasi aktual yang sedang berkembang secara global. Kegiatan POKJA GELIATS di Kota Bandung dapat memberikan manfaat sehingga mendapatkan tempat dalam kehidupan berliterasi di Kota Bandung khususnya di persekolah mulai dari PAUD, SD dan SMP.

Program Literasi Sekolah ini diperkuat dengan gerakan penumbuhan Budi Pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjadikan peserta didik mempunyai kebiasaan membaca dan berikutnya terampil membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik.

Tentu saja Hal ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya bila tidak ada kerjasama berbagai pihak untuk mewujudkan implementasi permendikbud tersebut. Untuk itu Pokja GELIAT’S lahir sebagai wadah untuk menghimpun dan mengkompilasi semua ide, gagasan, program dan kegiatan dalam rangka mewujudkan generasi dan masyarakat literat.

Adapun yang menjadi dasar hukum diberlakukannya program dan kelompok kerja Literasi Kota Bandung adalah diantaranya :

1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional

2. Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

3. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

5. PERMENDIKBUD NO. 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK)

6. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 15 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Bandung

7. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

8. Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan

9. Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Setiap organisasi pasti memiliki visi dan misi yang menjadi tujuan dan acuan kerja bagi organisasi tersebut. Adapaun yang menjadi visi GELIAT’S adalah Terwujudnya masyarakat kota Bandung yang literat.

Sedangkan langkah atau strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut, termuat dalam misi, sebagai berikut :

1. Mengembangkan pendidikan karakter masyarakat Kota Bandung.

2. Mewujudkan masyarakat Kota Bandung yang gemar membaca dan menulis

3. Meningkatkan pengetahuan 6 literasi dasar.

4. Meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan literasi

5. Mewujudkan apresiasi literasi

6. Menjadi wadah pengembangan minat dan bakat literasi

7. Mengembangkan komunitas literasi dan TBM (Taman Bacaan Masyarakat)

Tujuan umum Pokja GELIAT’S adalah menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat literat menuju Bandung Juara.

Sedangkan tujuan khusus GELIATS , yaitu :

a) Meningkatkan dan mengembangkan budaya literasi di lingkungan sekolah khususnya dan pendidikan pada umumnya.

b) Memberikan penghargaan dan apresiasi bagi sekolah serta masyarakat yang telah mengembangkan budaya literasi.

c) Mewujudkan masyarakat sekolah dan diluar sekolah yang gemar membaca dan menulis

d) Meningkatkan pengetahuan 6 literasi dasar.

e) Meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan literasi

f) Menjadi wadah pengembangan minat dan bakat literasi

g) Menjadi wadah tumbuh berkembangnya komunitas dan TBM

Berikut digambarkan Grand Desain GLS kota Bandung, yang dijadikan peta pelaksanaan program Gerakan Literasi baik yang ada di sekolah, masyarakat dan keluarga agar saling menunjang dan berkesinambungan guna mewujudkan insan yang literat.

Demikian Selayang pandang tentang kelompok kerja literasi kota Bandung, sebelum akan dipaparkan segala program dan kegiatan yang telah dan akan dilakukan demi mengimplementasikan permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui gerakan membaca 15 menit di awal pelajaran.

Tak kenal maka tak sayang, maka itu pun berlaku bagi pokja literasi kota Bandung. Bila anda sudah mengenal GELIAT’S dijamin anda akan jatuh cinta pada literasi, sebagaimana saya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post