R. Yulia Yulianti, M.Pd

Pengawas SMP Kota Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
17. WEBSITE SIGEULIS

17. WEBSITE SIGEULIS

TANTANGAN HARI KE-17

#TantanganGurusiana

Malam ini, masih bercerita tentang SIGEULIS. Program literasi kota Bandung. Alhamdullillah kerja keras para guru menghasilkan karya buku, disambut baik dan diapresiasi oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui Kabid P3TK, Bapak Drs. Cucu Syahputra, M.M.Pd. dengan menggulirkan program WEBSITE SIGEULIS (Siswa dan Guru Menulis).

Adapun tujuan Website SIGEULIS adalah :

1. 1. Sumber informasi bagi siswa, guru, orang tua, pengawas, pegiat/ komunitas literasi dan masyarakat untuk mengetahui implementasi GLS di sekolah Kota Bandung.

Wadah untuk menumbuhkan Guru dan Siswa menjadi pribadi yang literat Wadah utuk memotivasi Siswa dan Guru gemar membaca dan menulis Wahan untuk menjadikan siswa dan guru berfikir kritis, solutif dan kreatif dari berbagai informasi dan karya yang disajikan Wadah untuk menampung hasil karya tulis guru dan siswa dan tempat menyimpan naskah sebagai bahan buku untuk sementara. Sarana untuk guru dan siswa mengungkapkan ide, gagasan, rasa, karya dan karsa dalam hal berliterasi khususnya menulis.

Adapun konten website Sigeulis berisi : a) Profile GELIATS, b) Kepengurusan POKJA GELIATS, c) Keanggotaan, d) Diary GELIATS, e) Karya Ilmiah f) Karya Sastra, g) Gambar dan Lukisan, h) Film dan Animasi, i) Sinopsis Folm, j) Musikalisasi Puisi, k) My Cover, l) My Book, m) Katalog Buku dan n) GLS di Sekolahku.

Isi website juga diharapkan menjadi salah satu indikator pemberian penghargaan / Anugerah dalam bidang literasi kota Bandung seperti : a) pembaca buku terbanyak, b) Pembuat Revieu buku terbanyahk, c) Penulis buku terbanyak, d) Sekolah dengan kategori penulis buku terbanyak, e) sekolah literasi, f) duta Baca, g) Duta Perpustakaan, h) Duta Literasi, i) Komunitas Literasi Terbaik, j) Pemilihan ikon Sigeulis Kota Bandung dan k) Bunda Literasi Kota Bandung. Sehingga hal ini akan semakin memotifasi siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, komunitas literasi dan masyarakatn untuk lebih memanfaatkan website sigeulis.

Website dapat dikunjungi melalui laman : http://disdik.bandung.go.id/literasi/ Sedangkan untuk mengirimkan naskah tulisan melalui email [email protected] Naskah yang masuk melewati verifikasi naskah terlebih dahulu untuk menghindari teruploadnya naskah yang berbau SARA atau pornografi. Untuk memfasilitasi penerbitan karya penulis bandung, baik karya siswa, guru, kepala sekolah pengawas dan komunitas literasi kota Bandung, yang akan menerbitkan buku disediakan email khusus, yaitu [email protected] Bagi karya yang lolos verifikasi dengan syarat dan ketentuan tertentu, naskahnya akan dicetak gratis dan dibantu untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah di kota Bandung.

Hal ini sebagai salah satu upaya dari pokja GELIATS dan Dinas Pendidikan Kota Bandung, untuk mengapresiasi karya siswa dan guru agar dapat diapresiasi oleh semua pihak. Dengan demikian cita-cita agar buku karya siswa dan guru tidak saja terpampang di sekolahnya masing-masing. Sehingga ada di ruang perpustakaan, ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dan terdapat di pojok-pojok baca sekolah. Melainkan juga dapat dimanfaatkan, dibaca dan diapresiasi oleh sekolah lainnya sekota Bandung. Bila hal ini dapat terwujud, bukan hal yang mustahil, Bandung akan menjelma menjadi Kota Lautan Buku yang melahirkan penulis-penulis kelas dunia, kelak. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow keren ternyata isi SIGEULIS, maaf bu belum sempat lihatlihat isi kontent SIGEULIS, hehe...

31 Jan
Balas

Siap ... hehe

01 Feb



search

New Post