R. Yulia Yulianti, M.Pd

Pengawas SMP Kota Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
18. FOLLOWERKU ... dimana kamu?

18. FOLLOWERKU ... dimana kamu?

TANTANGAN HARI KE-18

#TantanganGurusiana

Hari ini adalah hari ke-18 aku menyelesaikan tantangan menulis gurusiana. Sebenarnya aku tidak punya bekal apa-apa untuk mengikuti tantangan menulis ini. Hanya memberanikan diri saja. Hanya menantang diri sendiri mampu atau tidak menyelesaikan tantangan 30 hari menulis.

Sejak dimulainya tantangan itu, sejak itu pula setiap hari aku harus berjibaku dengan pikiran dan ingatan untuk segera menulis. Mau makan ingat mau nulis, mau tidur ingat belum nulis, mau kesekolah terbanyang apa yang akan ditulis. Hari-hariku penuh bayang-bayang gurusiana.

Terkadang kebuntuan melanda jiwa, ketika tidak ada ide terlintas sedikit pun apa yang akan kutulis. Dilain waktu ide "murudul" berlomba menghampiri sampai bingung mana dulu yang akan ditulis. Semua tampak penting dan harus ditulis.

Begitulah pasang surut perjuangan selama 18 hari menyelesaikan tantangan ini. Aku akan berusaha agar setiap hari bisa menulis. Tidak peduli tulisanku seperti apa yang penting aku menulis. Aku tidak ingin kena pinalty. Bukan masalah mudah tinggal mengulang. Tapi menjaga konsistensi dan semangat, memiliki pasion tersendiri. Aku tidak boleh menyerah.

Aku ingat tulisan perdanaku di gurusiana diunggah 13 April 2017 dengan judul Literasi Kewirausahaan. Waktu itu yang menengok lamanku 1860 orang. Hampir 3 tahun aku menghilang tidak pernah membuka blog gurusianaku. Sehingga sejak dulu followerku tidak bertambah tetap hanya 16 orang. Begitu pula jumlah orang yang aku follow tidak bertambah hanya sekitar 14 orang. Benar-benar blogku mati suri. Hehe.

Tapi sejak adanya tantangan menulis gurusiana, aku mulai aktif lagi. Ya aktif menulis, hanya menulis, tidak lain dan tidak lebih. Aku mulai lagi menulis dan menirimkan tulisan untuk tantangan hari pertama dengan judul "Bidadariku" yang tayang tanggal 15 januari 2020 dan diintip oleh 22 orang. Alhamdulillah setelah lolos 18 hari jumlah followerku bertambah 4 orang. Pertambahan ini cukup membuat senang hatiku.

Sejak saat itu, aku menulis dan menulis. Aku tidak memperhatikan apakah jumlah followerku akan bertambah atau tidak. Aku tidak peduli apakah akan ada orang yang membaca atau tidak tulisanku. Yang penting aku menulis. Karena ini bukan lomba membuat tulisan yang terbaik atau tercepat. Melainkan tantangan untuk konsisen menulis selama 30, 60 sampai 90 hari.

Bagi penulis yang berhasil menyelesaikan tantangan menulis akan mendapatkan penghargaan. Penghargaan apabila mampu menyelesaikan tantangan 30 hari akan mendapatkan piagam biru, lolos tantangan 60 hari mendapatkan piagam silver dan lolos tantangan 90 hari akan mendapatkan piagam gold. Tentu saja target saya adalah mendapatkan piagam gold. Aamiin. Semoga bisa ya ....

Terkadang ada rasa "iri" terhadap rekan lain yang telah memiliki follower sampai ribuan. Tentunya ini diperoleh bukan dari kerja sehari. Tapi dibangun secara berkesinambungan dan konsisten serta membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain itu, pasti karena tulisannya juga keren menewen (maaf saya pinjam istilah Pak CEO... hehe), update dan bermutu tentunya. Bisa juga karena strategi bedol desa dengan mengajak seluruh pertemanan di fb untuk bergabung di grup gurusiana.

Tapi aku sadar sesadar-sadarnya. Tidak ada gunanya iri terhadap mereka. Segera aku hapus pikiran jelek itu. Tidak semua orang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. Begitu pula aku. Upayaku baru cuma segini, tentu saja imbalannya juga sesuai dengan usaha yang baru aku lakukan. jadi ya sudahlah. Aku nrimo ae. Biar bisa tenang dan terus kulanjutkan menjawab tantangan menulis ini.

Bukan aku tak ingin menambah followerku, tapi sungguh aku tak punya lagi waktu untuk sekedar bersay hallo dengan kalian sesama warga gurusiana. Mengikuti tantangan ini saja terkadang membuatku harus begadang sampai hampir tiba dibatas waktu karena cukup menyita waktu dan pikiranku. Ya, bagaimana aku bisa menambah jumlah follower sedangkan aku sendiri tidak punya kesempatan untuk menambah jumlah orang yang aku follow. Jadi semua imbas. Semua sesuai dengan apa yang aku usahakan.

Pada kesempatan ini, aku mengucapkan terimakasih pada ke-20 followerku, yang telah mengikuti aku sampai hari ini. Semoga pertemanan kita membawa kepada kebaikan saling memotivasi dalam hal tulis menulis. Serta bisa saling berbagi informasi, pengalaman dan ilmu tentang segala sesuatu dari apa yang kita tulis.

Buat yang belum menjadi followerku dan yang belum sempat aku follow. Semoga dilain waktu masih ada kesempatan untuk kita bisa saling bersilaturahmi. Agar pertemanan ini menjadi lebih bermanfaat dan lebih membawa berkah.

Aamiin.

Love you all.

Thanks Gurusiana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren buk. Yang penting nulis dulu

01 Feb
Balas

Siaaappppp. Hehe

02 Feb

Saya kog masih follow dan baca saja. Bagaimana ini?

01 Feb
Balas

Tidak apaapa. Apapun itu, terima kasih sekali. Tetap semangat.

02 Feb

Sama bu, sy juga dr th 2017 kirain dah ga ada. Sy nulis buat tabungan buku saja. Mangkanya tulisan sy berkluster khusus best practice aja, biar gampang nanti kalau mau dijadikan buku.Kerennn tulisan ibu hari ini, salut sy ditengah kesibukan yg begitu padat, msh sempat nulis.

01 Feb
Balas

Memaksakan diri saja. Semoga bisa menjadi motivasi buat yang lain juga. Walaupun tulisan saya tidak seberapa. Makasih atas responnya. hehe

02 Feb



search

New Post