Saad

Bekerja di SDN Kaliwiru Semarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keutamaan Akhlak

Keutamaan Akhlak

#Tantangan Gurusiana Hari Ke-6

Rasulullah Saw bersabda bahwa orang yang paling sempurna imannnya adalah mereka yang paling bagus akhlaknya. Hadis tersebut menjelaskan tentang pentingnya akhlak. Orang yang imannya baik, maka akhlaknya juga baik atau perilaku yang baik menunjukkan tingkat keimanannya kepada Allah.

Rasulullah Saw diutus ke muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak. Hal itu menunjukkan bahwa akhlak menjadi salah satu bagian penting dalam agama. Kebaikan seseorang sangat utama dalam keberagamaan seseorang. Hal ini bisa dilihat juga dari beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan berbuat baik kepada orang lain. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa orang muslim adalah orang yang saudaranya selamat dari lisan dan tangannya.

Dengan demikian, akhlak perlu diajarkan dan ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Apabila sudah terbiasa berbuat baik sejak kecil, maka dewasanya nanti akan menjadi orang yang berakhlak baik. Sebaliknya, jika dari sejak masih kanak-kanak dibiasakan dengan perilaku buruk, maka kelak dewasa akan menjadi orang yang memiliki akhlak buruk.

Hal tersebut sesuai dengan pesan Nabi Muhammad Saw “ajarkan anakmu akhlak yang baik.” Dari sini dapat disimpulkan bahwa akhlak merupakan hal utama yang perlu ditanamkan sehingga menjadi karakter yang baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar pak setuju, tingginya ilmu tak menjamin jika akhlaknya minus, sukses selalu salam literasi

20 Aug
Balas

Salam

20 Aug

Makasih atas kunjungannya bu

20 Aug



search

New Post