SADIMIN WONG BREBES

SADIMIN, adalah anak desa yang lahir di Boyolali tanggal 6 Desember 1972, dari seorang Ibu yang bernama Tukirah (alm) dan seorang Bapak yang bernama Mitro Sudar...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENULIS ARTIKEL PADA JURNAL ILMIAH

MENULIS ARTIKEL PADA JURNAL ILMIAH

Menulis merupakan salah satu kegiatan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi seorang guru. Menulis juga sangat bermanfaat bagi orang lain yang membaca tulisan kita. Dengan menulis, kita dapat mencurahkan pikiran tentang ide/gagasan dan mengkomunikasikan pemikiran kepada orang lain. Menulis juga bisa menjadi sarana untuk berbagi tentang pengalaman, ide/gagasan kepada orang lain.

Menulis pada jurnal ilmiah adalah sebagai salah satu syarat seorang guru yang memiliki golongan/ruang IVa yang akan naik pangkat ke golongan/ruang IVb dan golongan/ruang di atasnya. Jurnal ilmiah adalah sebuah buku yang dipublikasikan secara berkala dapat diterbitkan 12 kali, 6 kali, 4 kali, 3 kali, dan minimal 2 kali setahun yang berisikan tulisan ilmiah hasil penelitian maupun konseptual.

Setiap edisi pada sebuah jurnal biasanya memuat artikel yang berbeda beda. Jurnal ilmiah merupakan sumber referensi yang wajib dirujuk oleh guru, dosen atau akademisi yang lain ketika akan menulis sebuah karya ilmiah. Semua tulisan yang dimuat dalam jurnal ilmiah biasanya melalui proses penyuntingan yang dilakukan oleh tim editor jurnal yang bersangkutan. Jenis tulisan dalam artikel ilmiah tentunya berbeda dengan artikel pada umumnya.

Dalam menulis artikel ilmiah yang akan kita kirim di jurnal ilmiah, kita harus membaca terlebih dahulu pedoman penulisan artikel dengan cermat agar tidak terjadi kekeliruan. Setiap jurnal ilmiah memiliki pedoman berbeda-beda, sehingga langkah awal kita cermati dulu karakteristik jurnal tersebut. Pada setiap jurnal akan memberikan informasi penulisan jurnal sesuai dengan kaidah selingkung jurnal tersebut.

Menulis artikel pada jurnal ilmiah adalah bentuk pertanggung jawaban ilmiah dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti. Sehingga diperlukan alur yang jelas dengan pemilihan kata yang tepat, menggunakan bahasa yang benar dan mudah dipahami oleh pembaca. Tidak kalah pentingnya yang harus diperhatikan bagi penulis harus mengikuti kaidah selingkung yang diminta oleh jurnal yang dituju agar tulisan kita tidak ditolak sia-sia..

Hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel pada jurnal ilmiah adalah ukuran dan jenis kertas. Pada umumnya ukuran yang digunakan adalah A4 dengan ukuran spasi 1,5 atau 2 spasi, ukuran marjin kiri, kanan, atas dan bawah disesuaikan dengan jurnal, ukuran font biasanya 10 atau 11, jenis huruf, petunjuk penomoran halaman, batas jumlah halaman yang diijinkan biasanya berkisar 15 sampai dengan 20 halaman. Agar artikel yang dimuat pada jurnal ilmiah bisa diakui angka kreditnya, maka pilihlah jurnal yang beriputasi atau minimal ber ISSN. Artikel yang dimuat pada jurnal tingkat kabupaten angka kreditnya 1, tingkat provinsi angka kreditnya 2, tingkat nasional yang terakreditasi angka kreditnya 3. Selamat menulis pada jurnal Ilmiah ber ISSN.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mencerahkan pak

20 Jun
Balas



search

New Post