Saeful Hadi

PROFILE PENULIS Laki-laki bernama lengkap Saeful Hadi, S.Sos. ini lahir di Tasikmalaya pa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jay Idzes Aura Ketenangan Lini Belakang Indonesia
Semoga kemenangan Timnas Indonesia terus berlanjut

Jay Idzes Aura Ketenangan Lini Belakang Indonesia

Jay Idzes: Aura Ketenangan Lini Belakang Indonesia

Saeful Hadi

Hal pertama yang perlu disampaikan adalah ucapan selamat atas kemenangan Tim Nasional Indonesia tadi malam dengan mengalahkan Vietnam 1-0 pada babak dua kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Tidak lupa pula ucapan terima kasih kepada para punggawa Tim Garuda Asia, julukan Indonesia atas perjuangannya untuk meraih kemenangan atas salah satu musuh bebuyutan di lingkungan regional Asia Tenggara. Ini adalah kemenangan kedua berturut-turut Tim Nasional senior Indonesia atas The Golden Star Warriors, julukan Vietnam, tersebut, setelah kemenangan dengan skor yang sama di babak grup Putaran Final Piala Asia 2023 Qatar baru-baru ini.

Gol semata wayang pemain pengganti asal klub Dewa United, Egy Maulana Vikri menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para pecinta Tim Nasional Indonesia termasuk saya. Suasana bulan suci Ramadan menjadi sebuah hal sangat menyejukkan atas kemenangan yang memang selalu sulit atas rival Asia Tenggara tersebut. Namun sejujurnya jika dibandingkan dengan permainan Timnas Indonesia saat bertempur di Piala Asia Qatar, penampilan tadi malam belum mencapai seratus persen ideal yang diharapkan. Para pemain seperti demam panggung dan telat panas, khususnya di awal-awal babak pertama. Lini tengah Indonesia dalam situasi yang tidak berjalan semestinya dengan kesulitan untuk mengalirkan bola ke lini depan, sehingga nyaris tidak ada peluang yang berarti.

Situasi demikian bisa dengan mudah dimanfaatkan Vietnam yang akhirnya lebih menguasai di lini tengah permainan. Vietnam beberapa kali bisa mendekati gawang Indonesia dan cukup mengancam. Namun hadirnya sosok pemain Timnas Indonesia yang baru saja menyelesaikan administrasi kewarganegaraan Indonesia, yaitu Jay Idzes memberikan nuansa yang berbeda di lini pertahanan Indonesia. Pemain yang bermain di klub Venezia, serie B Liga Italia tersebut memperlihatkan kualitas yang sangat mumpuni. Bersama sang kapten Rizki Ridho dan Justin Hubner, ketiga bek Indonesia bermain sangat solid terutama Idzes. Sosok bertinggi 184 cm tersebut sangat tenang dan lugas dalam mengawal pertahanan walaupun secara komunikasi belumlah terlalu lancar. Ketidakhadiran Jordi Amat dan Elkan Baggot yang mengalami cedera, seperti tidak menjadi masalah dengan kehadiran Idzes yang kokoh.

Sangat tidak bisa dimungkiri level kompetisi menjadi salah satu jaminan bahwa para pemainnya memiliki kualitas yang mumpuni. Serie B Liga Italia adalah jaminannya. Meskipun merupakan kasta kedua dalam kompetisi sepakbola di Italia, namun klub-klub yang bertanding bukan kaleng-kaleng. Venezia sendiri, sebagai klub Idzes bernaung merupakan salah satu kandidat kuat promosi ke Serie A. Hal tersebut memberikan gambaran kualitas Venezia dan Jay Idzes adalah salah satu pemain yang bermain secara reguler di klub tersebut.

Tim Nasional Indonesia walaupun mungkin secara konsistensi permainan belumlah sebagus yang kita harapkan, namun beberapa lini permainan mulai memperlihatkan kualitas, khususnya dengan kedatangan para pemain keturunan yang bermain di kompetisi Eropa. Mereka beberapa diantaranya sudah menampilkan sebuah kualitas skill maupun kolaborasi dengan rekan-rekannya yang lain termasuk Idzes yang tampil perdana bagi Timnas Indonesia tadi malam.

Aura ketenangan dan tanpa kepanikan sudah terlihat di lini pertahanan Indonesia. Kehadiran sosok Jay Idzes memberikan gambaran demikian sehingga sekarang tidak mudah lagi gawang Indonesia dibobol musuh. Namun hal tersebut belumlah cukup untuk memberikan gambaran menyeluruh akan kualitas yang ideal atau yang diinginkan oleh pencinta Timnas. Kesulitan yang dihadapi lini tengah Indonesia dalam mengontrol permainan tadi malam adalah pekerjaan rumah tambahan bagi Shin Tae Yong dan jajaran kepelatihannya. Sangat jelas terlihat dua striker di depan yaitu Rafael Struick dan Hokki Caraka kesulitan mendapatkan bola-bola yang memanjakan mereka untuk mencetak gol. Ini yang harus diperbaiki STY dan jajaran kepelatihan menghadapi pertandingan berikutnya tandang ke Vietnam selasa minggu depan.

Selamat datang dan menjadi bagian penting Tim Nasional Indonesia, Jay Idzes! Semoga selalu konsisten memberikan penampilan terbaik bagi Garuda Asia untuk meraih prestasi tinggi di kancah sepakbola dunia!

Langensari, Kota Banjar, 22 Maret 2024

Selingan mengawas PSAT

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

22 Mar
Balas

Terima kasih Pak Sandi.

23 Mar



search

New Post