Saeful Hadi

PROFILE PENULIS Laki-laki bernama lengkap Saeful Hadi, S.Sos. ini lahir di Tasikmalaya pa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kekuatan ke-12 Indonesia  Emang Gila!
Kekuatan ke-12 Indonesia : Emang Gila!

Kekuatan ke-12 Indonesia Emang Gila!

Kekuatan ke-12 Indonesia : Emang Gila!

Saeful Hadi

Senin, 29 April 2024 adalah rintisan sejarah lagi yang akan ditempuh oleh Timnas U-23 Indonesia di ajang Putaran Final Piala Asia U-23. Jika Indonesia menang atas Uzbekistan U-23 di semifinal, maka Indonesia akan melaju ke final sekaligus lolos langsung ke Olimpiade Paris. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa jika benar-benar terwujud. Semoga! Aamiin ya rabbal alaamiin.

Seiring dengan harapan yang sangat melambung tinggi tersebut, tentu hal yang paling penting yang menarik disampaikan adalah antusiasme masyarakat di tanah air khususnya penggemar bola dan pecinta timnas dengan pencapaian Timnas Garuda Muda. Berbagai acara nonton bareng diadakan dengan kehebohan yang luar biasa khususnya pada pertandingan terakhir di babak 8 besar dengan mengalahkan tim kuat Asia, Republik Korea. Kemenangan tersebut sangat layak dirayakan, karena sebagai tim debutan, Indonesia di luar dugaan berhasil lolos sampai ke babak semifinal bahkan mengalahkan tim sekelas Republik Korea.

Keberhasilan Rizky Ridho dan kawan-kawan lolos sampai babak semifinal menurut saya bukan karena semata-mata faktor teknis atau skema permainan, namun juga kekokohan mental anak-anak Garuda Muda. Hal tersebut sangat menonjol terlihat di lapangan, sama sekali tidak terlihat minder dengan reputasi lawannya, Republik Korea termasuk saat adu penalti yang sangat menegangkan, Garuda Muda bisa melaluinya dan berhasil menang. Saya berpandang hal yang tidak boleh diabaikan dalam kondisi demikian adalah dukungan suporter yang luar biasa di stadion.

Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha Qatar menjadi venue yang sangat menguntungkan bagi Timnas Indonesia, bahkan sejak Putaran Final Piala Asia senior awal tahun ini saat mengalahkan Vietnam dan menjadi penentu Indonesia lolos ke 16 besar untuk pertama kalinya. Pada Putaran Final Piala Asia U-23, sekurang-kurangnya 3 pertandingan Indonesia di stadion tersebut (melawan Australia, Jordania dan Republik Korea), Indonesia berhasil meraih kemenangan gemilang. Ribuan suporter Indonesia yang hadir di stadion ibarat pemain ke-12 yang memberikan dukungan maksimal dalam keberhasilan Timnas U-23 Indonesia. Banyak pengamat dan jurnalis sepakbola menyampaikan kata “gila” dengan antusiasme suporter tersebut, tidak hanya di dalam stadion juga di luar stadion. Entah dari mana dan berasal dari kalangan apa (misalnya TKI atau TKW dan lain-lain), apa yang mereka lakukan sungguh membuat merinding dan benar-benar bisa membangkitkan nasionalisme.

Kegilaan suporter Indonesia tersebut sangatlah membantu perjuangan Rafael Struick dan kawan-kawan dalam menjalani pertandingan dan meraih kemenangan. Beberapa pemain Indonesia yang diwawancarai jurnalis termasuk Struick menyatakan bahwa dukungan suporter yang luar biasa di stadion sangatlah memotivasi mereka untuk bermain spartan dan berusaha menampilkan yang terbaik. Timnas U-23 Indonesia terkesan seperti bermain di kendang sediri dengan kehadiran suporter yang sangat militan. Suara mereka yang bergemuruh dan yel-yel yang bersahutan membakar semangat para pemain beraksi di lapangan dengan penuh motivasi. Sebuah fenomena yang langka namun sangat spektakuler!

Semifinal sudah di hadapan mata! Saya berkeyakinan para suporter “gila” tersebut semakin membara semangatnya dan semakin menggebu-gebu untuk memberikan dukungan yang maksimal bagi Ivar Jenner dan kawan-kawan di lapangan. Semoga kondisi tersebut benar-benar bisa mewujudkan mimpi Indonesia lolos langsung ke Olimpiade Paris dengan mengalahkan Uzbekistan di semifinal. Aamiin ya rabbal alaamiin.

Yuk terus dukung dan doakan yang terbaik untuk Ernando Ari Sutaryadi dan kawan-kawan!

Salam Tim Nasional Indonesia!

Salam sepakbola!

Langensari, Kota Banjar, 28 April 2024

Menunggui anak sakit

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya Allah, Indonesia bersatu demi impian yang sama. Sungguh luar biasa memang suporter Indonesia. Ulasan yang keren, Pak. Smg putranya segera sehat kembali.

28 Apr
Balas

Aamiin ya Rabbal alaamiin. Hatur nuhun Bu Erna. Semoga Garuda Muda menang lagi malam ini.

29 Apr



search

New Post