Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Allah yang Menjamin Rezki MakhlukNya

Allah telah menjanjikan kepada umatNya, bagi yang bermohon kepadaNya maka akan dikapulkan doa-doanya. Seberapa dikabulkan Allah dan kapan dikabulkan itu semua adalah haknya Allah. Sebagai hamba yang beriman, yakin akan janji Allah yang telah disebutkan dalam Al Quir’an.

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْن

Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).(QS . Hud : 6)

Bagaimana Allah memberikan rezki kepada hambaNya?

1. Allah menjamin rezki kepada seluruh makhluk hidup di dunia.

Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam surat Hud ayat 6,” "Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yg bergerak di atas bumi ini yg tdk dijamin oleh Allah rezekinya."

Dalam hal ini sudah jelas bahwa Allah akan memberikan kesehatan,makan,minum bagi makhluk hidup di dunia.

2. Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Rezki akan didapatkan sesuai dengan usaha yang dilakukan. Sebagai contohnya, orang yang bekerja dua jam, akan mendapatkan hasil sesuai dengan dua jam bekerja. Jelas bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Bagi yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan peluang rezki yang banyak.

"Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yg telah dikerjakannya" (QS. 53: 39)

3. Rezki yang diberikan Allah kepada hambaNya yang pandai bersyukur. Orang-orang yang pandai bersyukur akan merasakan kasih sayangnya Allah. Orang-orang yang pandai bersyukurlah akan mendapatkan kebahagiaan, ketenangan serta kenyamanan dalam menjalani kehidupannya. Baik dilingkungan keluarga maupun dalam bermasyarakat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ibrahim ayat 7.

“... Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

4. Rezki yang diberikan Allah kepada hamba yang bertaqwa, yaitu orang yang muttaqun. Orang yang benar-benar dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan atau mengatur kekayaan Allah di bumi ini.

".... Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yg bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq 65:2-3)

Jangan takut kekurangan rezki yakinlah Allah bersifat Ar-Razaq . Artinya Allah SWT memberikan rezeki (termasuk kenikmatan) kepada semua makhluk-Nya tanpa terkecuali. Sifat Al-Razaq ini berkaitan dengan sifat Maha Pemelihara Allah SWT. Allah tidak akan menelantarkan makhluk ciptaanNya, Allah itu Ar Rahman. Wallahu’alam bishawab.

#10Ramadhan1443#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pencerahannya bu Epi, sehat dan sukses selalu

13 Apr
Balas



search

New Post