Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pemberian Berharga dari Ayah Bunda

“ Segala sesuatu yang ada di dunia ini sesungguhnya hanya titipan. Termasuk anak. Sebagaimana titipan, itu merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan.” (QS At Tahrim, ayat 6).

Anak adalah titipan Allah. Tugas ayah bunda untuk mempertanggungjawabkannya nanti kepada Allah. Amanah ini harus dijaga dengan memberikan bekal kepadanya yaitu pendidikan. Pendidikan merupakan bekal dalam menjalani kehidupan. Ilmu agama adalah pondasi bagi seorang anak, dimana tempat pendidikan pertamanya adalah rumah.

Ibu sebagai madrasatul ‘ula, yang menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang sholeh sholeha. Amanah yang dibaikan, bearti kedua orang tuannya ini mengkhianati amanah yang Allah berikan. Tugas orang tua mengajarkan pertama tentang ketuhanan, tatakrama, etika dan sopan santun. Sebagamana sabda Rasulullah bahwa tugas seorang ayah memberikan pendidikan yang paling utama.

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” Hadits ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash r.a.

Menjaga amanah Allah merupakan ibadah dan bernilai pahala. Suatu anugerah dari Allah swt mendapatkan keturunan. Sepantasnya kedua orang tuanya memberikan bekal pendidikan yang baik. Memberikan ilmu agama sedari kecil, untuk bekal baginya dalam menjalani kehidupan.

Pendidikan agama yang akan membentengi diri anak-anak ketika mereka sudah mengenal lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Ketika mereka memasuki dunia sekolah dan mengenal orang lain selain keluarganya mereka tidak mudah terpengaruh. Begitu juga ketika mereka mulai mengenal tekhnologi. Alay yang bisa mereka liat dan pergunakan. Disinilah peran orang tua dam memberikan bimbingan dan pendidikan.

Bimbingan pendidikan kepada anak-anak semenjak dini. Bagaimana adab berpakaian, adab pergaulan secara Islam merupakan modal utamanya. Pendidikan ini menghindari diri anak-anak dari pelecehan seksual.

Menyikapi kondisi ini, peran orang tua sangat menentukan. Kemajuan tekhnologi merupakan alat bantu. Bukan sebagai alat yang menjadikan anak-anak lalai dan terpedaya. Menghindari segala pelecehan terhadap anak-anak kuatkan dasar pendidikan agamanya.

Pendidikan agama pemberian yang utama dari ayah bunda untuk anak-anaknya. Pemberian berharga dalam menguatkan akidahnya, taat dalam beribadah serta memiliki akhlak yang baik. Insya Allah menjadikan mereka anak yang sholeh dan sholehah. Anak yang mendoakan kedua orang tua ketika orang tuanya telah tiada. Wallahu’alam bishawab.

#19Ramadhan1443H#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita termasuk orang yang anahemelihata titipan Alloh.

20 Apr
Balas

Semoga kita termasuk orang yang amanah melihara titipan Alloh

20 Apr
Balas

Ulasan yg mencerahkan...keren, sukses selalu

20 Apr
Balas



search

New Post