Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Persaudaraan

Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk ciptaan Allah yang hidup saling ketergantungan. Antara manusia yang satu dengan yang lain saling membutuhkan. Mereka hidup berdampingan saling bersosialisasi dan berinteraksi.

Sebagai contohnya, manusia saling membutuhkan dalam hidup bermasyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan bersama. Hidup bertetangga, satu sama lain saling peduli baik ketika suka maupun duka. Saling menghargai dan menghormati atas perbedaan keyakinan.

Kehidupan manusia akan terasa damai dan nyaman satu sama lain karena terjaganya ukuwah Islamiya. Satu sama lain menyadari bahwa hidup dimana saja, perlu adanya hubungan persaudaraan. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujurat ayat 10:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: "Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Persaudaraan dapat terjaga satu sama lain karena satu sama lain menyadari bahwa mereka saling memahami. Tahu bahwa satu sama lain diikat persaudaraan karena agama. Persamaan akidah, menjadikan mereka sama tahu bahwa tujuan akhir persaudaraan adalah redha Allah. Menjaga ukuwah Islamiyah.

Begitu juga persaudaraan yang diikat karena sama-sama makhluk ciptaan Allah. Saling peduli dan menghargai. Persaudaraan mereka disatukan dengan saling bertoleransi. Menghargai dan tidak mengganggu keyakinan masing-masing. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.

Kuatnya persaudaraan karena ada 4 hal yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Saling mengenal atau ta’aruf. Hal ini akan mendekatkan hati satu sama lain dan tahu pribadi masing-masing.

2. Saling memahami. Menyadari kondisi masing-masing, sehingga terhindar dari saling benci atau berprasangka.

3. Saling tolong menolong. Saling peduli atas apa yang dirasakan saudaranya.

4. Saling menjamin. Merasakan tenang dan nyaman dalam kondisi apapun karena merasa ada ikat persaudaraan satu sama lain.

Persaudaraan adalah ukuwah Islamiyah yang perlu dijaga, berdamailah dengan saudara-saudaramu dengan saling menghargai. Saling memahami satu sama lain. Allah menyukai orang -orang menjaga silaturrahim. Wallahu’alam bishawab

#23Ramnadhan1443H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post