Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rabiatul Adawiyah

Rabiatul Adawiyah

Kisah seorang sufi dimasa Dinasti Umayah yaitu Rabiatul Adawiyah yang patut kita teladani. Seorang hamba Allah yang mana tindakannya baik secara lisan dan perbuatan patut ditiru. Bagaimana dia mencintai kekasihnya yaitu Allah SWT semata.

Pada saat kotanya Basrah dicekam dengan perselisihan politik dan kondisi kota yang mencekam. Pendidikan yang diajarkan oleh orang tua sedari kecil yang membuatnya istiqamah. Rabiatul Adawiyah putri ke empat dari empat bersaudara terlahir dari keluarga yang miskin membuatnya menjadi perempuan yang kuat. Dia seorang yang gigih bekerja dan tidak mau menyusahkan orang lain.

Rabiatul Adawiyah hamba Allah yang mengabdikan dirinya kepada Allah. Semua ini dilakukan bukan karena takut masuk neraka atau mengharap masuk surga, tetapi karena cintanya kepada Allah SWT. Karena cintalah yang mendorong ingin selalu dekat dengan Allah.

Konsep zuhd yang dimotivasi rasa cinta dari Rabiatul Adawiyah tergambar dalam syairnya;

"Wahai Tuhan! Apa pun bagiku dunia yang Engkau karuniakan kepadaku, berikanlah semua kepada musuh-mushMu. Dan apapun yang akan Engkau berikan kepada ku kelak di akhirat, berikanlah semua kepada teman-temanMu. Bagiku, Engkau pribadi sudah cukup"

Ada beberapa keteladanan yang patut dicontoh dari kisah Rabiatul Adawiyah ini diantaranya:

1. Telah menghafal Alquran sejak usia sepuluh tahun

2. Berusaha melakukan semuanya dengan ikhlas

3. Rabiatul Adawiyah disiplin dalam melaksanakan shalat

4. Tulus dalam bebagi ilmu

5. Tidak silau terhadap kemewahan dunia

6. Sabar dalam menghadapi berbagai ujian

7. Tidak pernah ingin menyusahkan orang lain.

Kisah hamba Allah yang begitu mencintai kekasihnya Allah SWT, patut kita teladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beramallah ikhlas karena Allah, semua itu tanda kita adalah hambaNya. Patut taat dan patuhkepada segala ajaranNya. wallahu'alam Bishawab.

#12Ramadhan1443H#

Referensi Bacaan

Siti Rihanah. Biografi dan Pemikiran Rabi‘ah Al-Adawiyah, skripsi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2011

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap selalu tulisannya bu Epi, semoga sehat dan sukses selalu

14 Apr
Balas

Makasih bunda...sehat dan sukses buat bunda dan keluarga.

14 Apr



search

New Post