Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Syarat Amal Ibadah diterima Allah SWT

Tugas manusia sebagai makhluk Allah harus taat dan patuh terhadap semua perintahNya. ”Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam’.” (QS Al-An’am : 162).

Menusia sebagai khalifah di muka bumi,dimana dia harus menjaga diri dan keluarganya serta memakmurkan dan menjaga alam semesta. Taat dan patuh atas apa yang diperintahkan Allah dengan tujuan mengharapkan pahala dari Allah.

Tujuan akhir dari apa yang diperintahkan Allah adalah untuk amal ibadah. Berharap apa yang dikerjakan menjadi amal ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Apa syaratnya agar diterima Allah? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

1. Awali pekerjaan dengan dengan niat. "Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan." (HR Bukhari dan Muslim).

Lakukan pekerjaan dengan niat karena Allah.

2. Lakukan setiap amalan dengan ikhlas karena Allah. Firman Allah dalam surah Al-A'raf ayat 29 yang artinya:

“Katakanlah, “Tuhanku menyuruhku untuk berlaku adil. Dan hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya”.

Apapun ujian, jalani dengan ikhlas karena semua datang karena seizin Allah.

3. Mengerjakan ibadah dan amal sholeh sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim: “Barangsiapa melakukan suatu amalan yang tidak ada perintahnya dari kami, maka itu tertolak.”

Amalan yang dilakukan dengan langkah di atas akan terlihat pada diri seseorang bahwa dia beribadah karena Allah. Bagaimana dia melakukan perbuatan yang amal makruf dan nahi mungkar. Wallahu’alam bishawab.

#21Ramadhan1443H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post