Safridah

GURU BAHASA INGGRIS MTSN 3 KOTA PEKANBARU , RIAU...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Era Pandemi Covid19

Belajar Era Pandemi Covid19

Belajar di Era Pandemi COVID 19

Belajar dengan menggunakan aplikasi goegle class room untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 8.9 MTsN 3 Pekanbaru berlangsung pada hari Kamis , 26 Maret 2020 .

Pembelajaran jarak jauh ini berlangsung selama 180 menit atau 4 jam pelajaran . Jadwal ini merupakan jadwal real ketika pembelajaran dilaksanakan dikelas sebelum musibah COVID 19 terjadi.

Pembelajaran dimulai dengan mengecek kehadiran siswa yang sudah bergabung dalam aplikasi goegle class room yang mana satu hari sebelumnya sudah diinformasikan melalui wa grup siswa. Para siswa juga diberi penjelasan tentang penggunaan aplikasi tersebut sehingga ketika kelas online berlangsung diharapkan tidak ada siswa yang merasa kebingungan.

Dan satu hari sebelumnya Bu Safridah , yang mengampu pelajaran Bahasa Inggris di kelas 8.9 di MTsN 3 tersebut sudah mempersiapkan materi dan penugasan kepada siswa. Ia memposting penjelasan tentang materi Recount Text di bagian "materi" dan penugasan di bagian " assignment".

Tepat pukul 08.00 wib (26/03/2020) kelas jarak jauh di mulai. Beberapa siswa sudah bersiap didepan smart phone masing masing dan sebagian menggunakan lap top.

Untuk langkah pertama , di bagian '"share with class" guru menyapa siswa dan memotivasi agar selalu berbahagia dengan tinggal dirunah selama covid 19 berlangsung dan menjaga kesehatan . Beberapa siswa memberikan komentar mereka di bagian "class comment" dengan menuliskan bahwa mereka baik baik saja.

Langkah kedua guru menulis kan pertanyaan tentang apa saja kegiatan yang mereka lakukan selama libur Covid 19. Pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan untuk memulai materi Text Recount.

Langkah ketiga siswa diminta membaca materi selama 20 menit tentang definisi , ciri ciri dan struktur text recount beserta 2 contoh.

Dengan sesi membaca diawal pembelajaran diharapkan siswa segera mengetahui topik apa yang sedang mereka pelajari. Bagaimana ciri ciri teks yang di maksud dan mengetahui sendiri struktur teks melalui contoh yang diberikan.

Langkah keempat siswa diberi instruksi agar membuka buku teks yang biasa digunakan dalam belajar bahasa Inggris yang mana pada halaman 152 terdapat sebuah teks recount yang berjudul " Visiting an Old Age House". Mereka harus mem baca kembali. Setelah membaca, guru memberikan pertanyaan apa yang mereka ketahui dari membaca tersebut. Kemudian siswa menjawab 6 pertanyaan tentang isi teks tersebut. 6 pertanyaan mengacu kepada ciri ciri dan struktu text recount

Langkah selanjutnya siswa mengumpulkan jawaban mereka di halaman "private comment". Siswa mengirimkan jawaban dengan mem foto hasil jawaban yang ditulis di buku latihan mereka. Hal ini dilakukan karena halaman "private comment" tidak bisa menampung tulisan yang terlalu banyak. Namun demikian ada sebagian yang langsung menulis jawaban dengan menghemat penulisan di halaman " private comment" tersebut.

Sebelum melakukan refleksi di halaman "share with class" , guru mengundang siswa yang sudah selesai mengumpulkan tugasnya bergabung di aplikasi "zoom vidio meeting" dengan memberikan jempol mereka.

Dari hasil komentar sebagian siswa di halaman refleksi , siswa mengatakan bahwa agak sukar memahami materi melalui aplikasi jarak jauh karena mereka tidak bisa bertanya leluasa seperti pembelajaran di kelas nyata. Mereka juga mengatakan lebih senang bertatap muka dengan guru dan teman- teman didalam kelas. Namun untuk materi recount sejauh ini masih bisa dipahami.

Diakhir komentar , salah seorang siswa , Eksando, dengan bijak mengajakan bahwa kelas jarak jauh ini adalah cara yang efektif untuk tetap belajar dalam situasi pandemi COVID 19 saat ini dan hal ini dapat memutuskan rantai penyebaran wabah tersebut dan Eksando berharap wabah covid 19 segera berakhir.

#programpintar

#tanotofoundation

#fasda.com

#mtsn3pekanbaruriau

#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bund... Sangat menginspirasi, terima kasih sudah berbagi... Salam sukses selalu

02 Apr
Balas



search

New Post