Salvia Novita,S.Pd

Lahir Suliki, 25 November 1977. Menjadi guru Matematika di MTsN 5 Pesisir Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ternyata Nasi Goreng itu Berbahaya

Ternyata Nasi Goreng itu Berbahaya

Siapa yang tak suka dengan nasi goreng. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi goreng sebagai makanan favoritnya. Selain rasanya yang enak, membuatnya pun tidak begitu rumit. Bahkan ia merupakan menu yang paling banyak terdapat di berbagai restoran, di berbagai bofet, di berbagai warung nasi bahkan sampai di pedagang kaki lima. Kadang-kadang si kokipun memberikan antraksi memasak yang memukau pelanggan dengan melambungkan pengorengan agar semua bahan teraduk rata, memukul-mukul spatula sehingga menimbulkan suara khas, sampai apipun hinggap di atas kuali penggorengan.

Bagi anda pecinta nasi goreng mulai saatnya harus berhati-hati untuk mengkomsumsinya. Tetapi tidak untuk semua orang lho.... Nasi goreng itu hanya berbahaya bagi orang-orang tertentu saja dan jika dikomsumsi terlalu sering. Bahaya yang dapat ditimbulkan akibat terlalu sering mengkomsumsi nasi goreng adalah dapat menyebabkan:

1.       Obesistas

Bagi anda yang sedang menjalani proses diet, sebaiknya anda harus merelakan agar tidak mengkomsumsi nasi goreng. Nasi sebagai bahan utama dalam membuat nasi goreng mengandung kalori yang tinggi. Selain nasi, minyak, mentega, daging dan telur juga bahan yang mengandung kalori tinggi. Jadi semuanya itu dapat menambah berat badan apalagi sering dikomsumsi pada malam hari . Pastinya beberapa jam setelah makan nasi goreng anda akan tertidur dan menyebabkan kalori menumpuk dalam badan. Proses diet yang anda jalani akan gagal, malah akan menimbulkan obesitas.

2.       Darah tinggi

Salah satu penyedap dalam nasi goreng adalah garam. Takkan enak rasanya nasi goreng tanpa dibubuhi garam. Mengkomsumsi garam dapat memicu munculnya tekanan darah tinggi. Selain garam, minyak sayur yang dipakai dalam nasi goreng mengandung lemak.

3.       Penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan disebakan karena mengkomsumsi makanan mengandung lemak dan mengandung kolesterol. Seperti yang ada dalam nasi gorengyaitu minyak sayur dan daging. Minyak sayur dan daging adalah makanan mengandung lemak tinggi dan kolesterol jahat. Kadang-kadang nasi goreng juga dilengkapi dengan udang goreng yang mengandung kolesterol tinggi.

4.       Stroke

Penyakit stroke disebabkan oleh sel-sel otot yang mati dan tidak berfungsi dengan baik. Diakibatkan oleh banyak mengkomsumsi makanan mengandung lemak jenuh. Penyakit stroke juga diakibatkan karena penderita darah tinggi.

5.       Kanker

Nasi merupakan komponen utama dari nasi goreng. Nasi goreng mengandung karbohidrat tinggi. Selain nasi, jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah : ubi, singkong, ketela, kentang, gandum, dan lain-lain. Jika semuanya itu digoreng akan membentuk senyawa karsiogenik yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker. Tetapi jika makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tersebut direbus akan lebih aman untuk dikomsumsi karena sedikit mengandung racun.

Mencegah lebih lebih baik daripada mengobati. Mungkin itulah yang lebih tepat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. (02/04/2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post