Samsudin Simatupang, MPd

Pria berdarah batak yang lahir di kota Palembang pada 13 nopember 1961.Saat ini kegiatan yang dilakukan adalah menulis, traveling, mengikuti kegiata...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tagur 328 Guru dan pembentukan pribadi siswa

Guru merupakan sosok manusia mulia, karena berkaitan dengan pembentukan pribadi siswa. Guru bukan hanya menyampaikan sejumlah ilmu pengetahuan namun bertanggung jawab terhadap pembentukan pribadi siswa. Hal inilah yang perlu ditanamkan dalam setiap pribadi guru selaku pendidik. Guru mendapatkan amanah dari orang tua untuk membimbing siswa menuju arah kedewasaan. Memang tugas guru sangat berat dalam mendidik siswa selama kurang lebih 8 jam dalam sehari.

Guru harus dapat menjaga kepercayaan orang tua dalam membina siswa dengan ikhkas. Tanpa adanya rasa tanggung jawab dan keikhlasan dari seorang guru maka proses pendidikan aka menyimpang dari tujuan mulianya. Jadilah guru yang ikhlas, amanah, bijaksana dan menjadi teman curhat bagi siswanya agar pendidikan dan pembentukan kepribadian siswa terlaksana dengan baik. Mari kita jadikan siswa sebagai benda kosong yang diisi dengan kepribadian yang baik seperti teori tabularasa dalam ilmu jiwa pendidikan.

Janganlah kita menjadi guru terpaksa dan hanya menharapkan gaji, sertifikasi uang makan, dan tunjangan kinerja saja namun niat ikhlas harus ditanamkan. Dengan demikian orang tua akan menjadikan seorang guru sebagai panutan bagi anaknya. Guru bersama orang tua saling berkomunikasi dalam pembentukan kepribafian siswa yang baik dan menuju kedewasaan. Semoga para guru kembali kepada tujuan mulianya untuk kemajuan dunia pendidikan dan pembentukan karakter yang baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post