Santi Nurmalahayati

Guru Bimbingan Konseling di SMAN 15 Surabaya. Penulis buku berjudul Guru (Harus) Ke Luar Negeri! dan Jejak Emas di Olimpiade Guru Nasional. Pernah terpilih seba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kapan Daftar Akun LTMPT? Bagaimana Caranya?

Kapan Daftar Akun LTMPT? Bagaimana Caranya?

Sejak LTMPT meluncurkan PMB 2021 tanggal 4 Januari lalu, beberapa pertanyaan mulai mengalir dan menjadi bahan diskusi. Siapa saja yang harus membuat akun? Kapan bisa mulai membuat akun? Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mulai membuat akun?

Sebenarnya, seluruh pertanyaan ini ada jawabannya di informasi resmi LTMPT. Namun, persepsi pembaca ternyata beragam. Biar gak salah langkah, silakan baca baik-baik ulasan ini ya.

Semua siswa tahun 2021 yang akan mendaftar di perguruan tinggi negeri, politeknik negeri, dan PKN-STAN perlu membuat akun LTMPT. Akun ini dibutuhkan untuk mendaftar di jalur SNMPTN dan mengikuti UTBK. Nilai UTBK dapat digunakan untuk mendaftar jalur SBMPTN dan jalur mandiri di perguruan tjnggi negeri, termasuk politeknik negeri. Khusus tahun 2021, Politeknik Keuangan Negara STAN juga menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu tahap seleksinya. Jika siswa sudah memutuskan untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta atau luar negeri, tidak perlu membuat akun LTMPT.

Berdasarkan jadwal yang tercantum di laman resmi LTMPT, tanggal 4 Januari hingga 1 Februari merupakan jadwal pembuatan akun bagi siswa yang berhak mendaftar SNMPTN. Bagaimana jika sekolah belum menentukan daftar nama siswa yang berhak? Apakah siswa tetap boleh mendaftar?

Pada dasarnya, seluruh siswa dapat mulai membuat akun mulai tanggal 4 Januari. Pembagian jadwal dilakukan untuk membagi kepadatan server LTMPT. Namun, selama server LTMPT belum padat, siswa tetap dapat mendaftar meskipun tidak termasuk yang berhak mendaftar SNMPTN. Kalau server keburu padat, bagi pendaftar selain jalur SNMPTN, dapat melakukan registrasi akun pada tanggal 7 Februari sampai 12 Maret 2021.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar akun LTMPT? Siapkan data-data berikut ini :

1. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

2. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

3. KTP/Kartu Keluarga

4. File pasfoto tipe JPG/PNG berwarna dengan latar belakang polos (warna bebas) berukuran 3x4, resolusi minimal 200x300 pixel, dan ukuran pasfoto 80-300 KB

5. Email aktif

Selanjutnya, silakan mengakses laman portal.ltmpt.ac.id. Kemudian, daftarkan email dan password. Jangan lupa aktivasi akun dengan mengecek tautan yang dikirim ke alamat email yang didaftarkan. Jika tidak menemukan di email masuk, silakan cek di menu spam.

Tahapan selanjutnya, login lagi di portal LTMPT untuk melakukan verifikasi data siswa. Cek seluruh data. Di bagian akhir, harap berhati-hati sebelum meng-klik simpan permanen. Pastikan seluruh data sudah benar. Jika masih ada data yang salah, segera konfirmasi kepada pihak sekolah untuk diperbaiki melalui Dapodik.

Jika sudah meng-klik simpan permanen, data tidak dapat diperbaiki.

Silakan mulai mendaftar. Kalau masih ragu, ajak temanmu untuk mendaftar bersama-sama. Kalau bingung, baca lagi petunjuk pengisian. Kalau masih kesulitan, silakan hubungi guru BK mu. Kalau sudah selesai, simpan username dan password akun LTMPTmu baik-baik ya. Kalau perlu gunakan fasilitas simpan password di browsermu. Akun ini akan digunakan hingga pengumuman SBMPTN beberapa bulan ke depan. Jangan sampai lupa apalagi hilang lho ya. Kalau sampai lupa, silakan gunakan menu lupa password. Selamat memulai langkah sebagai calon mahasiswa. Semangat ya!

Surabaya, 06012021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih infonya.

06 Jan
Balas

ulasan informatif bunda, keren. salam sukses dan salam literasi.

07 Jan
Balas

Mantab bu, ulasannya

06 Jan
Balas



search

New Post