Santi Nurmalahayati

Guru Bimbingan Konseling di SMAN 15 Surabaya. Penulis buku berjudul Guru (Harus) Ke Luar Negeri! dan Jejak Emas di Olimpiade Guru Nasional. Pernah terpilih seba...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEBUAH UNDANGAN
Undangan Workshop Guru di Balmoral SHS, Brisbane

SEBUAH UNDANGAN

Ketika membuka-buka galeri foto, tetiba mata terpaku pada gambar ini. Foto yang saya ambil, dari sebuah papan pengumuman di ruang guru saat mengunjungi Balmoral State High School, Brisbane.

Di sekolah ini, ada seorang guru yang baru saja memenangkan "Queensland's Teacher of The Year". Miss Zena namanya. Usianya tak lagi muda. Di Balmoral SHS, ia berperan sebagai penanggungjawab kegiatan literasi sekolah. Ia tidak hanya memikirkan bagaimana meningkatkan kemampuan literasi siswanya. Ia juga memikirkan, upaya apa yang dapat dilakukan agar guru mampu meningkatkan kemampuan literasinya, dan selanjutnya memfasilitasi siswa.

Undangan di foto ini merupakan salah satu program yang ia rencanakan bagi guru. Menariknya, saya belum pernah mendapatkan undangan pengembangan diri di sekolah yang begitu sederhana namun sangat persuasif. Biasanya, begitu menerima undangan atau pengumuman tentang workshop pengembangan diri di sekolah, jarang sekali saya melihat reaksi positif. Umumnya keluhan, karena mengurangi waktu luang.

Mungkin undangan seperti ini bisa ditiru. Bagi saya, sentuhan humanis dari sebuah undangan bisa merubah persepsi dan bisa jadi reaksi. Dibuka dengan sebuah ungkapan penghargaan. On Us! "We value all you do to develop student's spelling, Mastery..". Kami menghargai semua yang sudah dilakukan para guru untuk meningkatkan kemampuan mengeja siswa..

Sekolah menyediakan 2 kesempatan workshop di waktu makan siang, dengan menu sandwich dari Tuckshop. Tak lupa, gambar sandwich menjadi satu-satunya gambar yang menghiasi undangan ini. Dua workshop yang sama ini diagendakan di jadwal yang berbeda. Para guru diminta mendaftarkan diri pada jadwal yang paling sesuai. Jika tidak bisa hadir pada kedua jadwal yang disediakan, mohon untuk bertukar jadwal dengan teman seruangannya. Kalau membutuhkan bantuan, Wakasek kurikulum akan mengaturnya.

Dan undangan ini ditutup dengan permohonan untuk menentukan waktu yang paling sesuai bagi masing-masing guru. Tidak lupa, jika ada permintaan khusus tentang menu sandwich yang akan disajikan. Salam, Zena.

Asyik ya undangannya? Miss Zena memang orang yang menyenangkan. Saya sempat sedikit berbincang dengannya. Meskipun tak muda lagi, menurutnya, seorang guru harus memiliki "growth mindset". Mindset untuk terus bertumbuh. Usia bukanlah alasan bagi guru untuk berhenti belajar dan bertumbuh. Makanya dia bisa mendapat penghargaan sebagai Queensland's Teacher of The Year dari Departemen Pendidikan Queensland di tahun 2018.

Hehe..saya jadi GR. Apa yang dia sampaikan, baru saja saya tuliskan di blog dan saya bagikan 2 hari sebelum pertemuan saya dengannya. Ternyata, kami se-ide tentang hal ini..😊

Yang belum baca, silakan klik link ini ya..

http://santinurmalahayati.gurusiana.id/article/growth-mindset-bekal-berharga-guru-pembelajar-11858

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post