sarah sabrina

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Jika kau tak suka sesuatu, ubahlah! Jika tak bi...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAPER SESUAI SYARI’AT

BAPER SESUAI SYARI’AT

Baper? Istilah gaulnya anak remaja. Tak asing kata tersebut dalam telinga kita. Apalagi di kalangan para remaja. Telah kita ketahui, kepanjangan dari kata baper yaitu Bawa Perasaan. Istilah lainnya bisa dikatakan hanyut perasaannya, atau perasaannya terkesima akibat sesuatu yang dilihat atau didengarkannya. Orang yang baperan berarti tergolong orang yang mudah serius terpengaruh oleh sesuatu hal. Apakah kita sebagai manusia boleh baper? Tentu boleh, asal bapernya tidak berlebihan. Karena baper adalah bagian karakter dalam diri manusia. Dalam Al-Qur’an, kata baper ini di sinonimkan dengan kata Galau/gundah hati/gelisah.

Allah telah mengatur segala apa yang diperlukan hambanya. Mulai dari urusan terberat maupun terkecil sekalipun. Dalam Al-Qur’an semua bentuk permasalahan serta solusi kehidupan ada di dalamnya. Termasuk permasalahan baper, dibahas dalam Al-Qur’an:

إِنَّ الْإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا (19) إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا (20) وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا(21)

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir; Apabila ia ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah; dan apabila ia mendapat kebaikan, ia amat kikir” (Al-Ma'arij, ayat 19-21)

Menurut buku yang saya baca, ada dua bentuk baper dalam sudut pandang. Yaitu baper negatif dan baper positif. Baper negatif misalnya Baper terhadap masalah dunia yang melalaikan kita dari ibadah dan aktivitas wajib harian, baper yang membuat kita jadi kurang bersyukur, tidak meyakini qodho dan qodar dari Allah. Sedangkan baper positif atau bisa juga disebut baper Syar’i yaitu baper yang ada kaitannya dengan urusan Akhirat misalnya Ketika baper melihat teman-teman kita sedang ibadah, berdakwah, mengikuti kajian dan hal-hal lain yang mengetarkan hati karena mengingat akan dosa-dosa. Baper yang seperti ini akan membuat iman kita lebih baik. Kadar imannya naik dan hal ini membuat kita senantiasa semakin mengingat Allah SWT. Maka, perbanyaklah baper sesuai syariat, sibukkan diri kita dengan hal-hal yang bermanfaat, yang menambah iman dan taqwa kita kepada Allah.

Yuk kita baper (bawa perubahan) yang positif untuk diri kita maupun orang lain

Semoga berkah dan istiqomah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Paparan yang menggelitik. Ada yah baper syar'i, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

23 Oct
Balas

Alhamdulillah. iya bunda. hehe. banyak akhir2 ini muncul istilah2 terbaru tentang sesuatu.. Jazakumullah khair bunda telah berkunjung.

23 Oct

Luar biasa tulisan yg sangat menarik dari judulnya aja sdh bikin orang pngin baca

23 Oct
Balas

Alhamdulillah.. senang rasanya artikelku dibaca ummi.. jazakumullah khair ummi ku telah berkunjung.

23 Oct



search

New Post