SARDIN

Nama Sardin, Tamatan FKIP Sejarah Universitas Syiah Kuala sekarang guru pada SMA Negeri 1 Bireuen, pelajaran yang saya ampu sejarah peminatan, saya diangkat men...

Selengkapnya
Navigasi Web
K-13 Menghadapi Revolusi Industri 4.0

K-13 Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Jam menunjukkan tepat 7.30 Wib, Bunyi bell sekolah SMA Negeri 1 Bireuen baru saja selesai terdengar marid-murid sebahagian besar relah berada dalam kelas..., Saya sebagai salah seorang guru yang mengajar mata pelajaran sejarah ada jam pertama di kelas XII IPS A. Materi yang diajarkan adalah revolusi Industri yang terjadi akibat dari proses pendidikan. Seperti biasa saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses pengamatan baik dengan membaca informasi revolusi yang ada buku maupun yang ada di getget mereka.

Setelah beberapa lama salah seorang siswa tiba-tiba bertanya..Bapak saya..mau bertanya bagaimana pendidikan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dalam menghadapi era revolusi 4.0 yang katanya serba instan dan cepat...,

Seiring dengan pertanyaan diatas penulis berpikir bahwa beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2013 pemerintah melakukan perubahan kurikulum melalui Kementerian Pendidikan yang terkenal dengan Kurikulum K-13, Dalam kurikulum K 13 proses belajar dikelas lebih ditekankan pada proses Akhlak atau moral lebih tepatnya disebut kecerdasan emosional, dimana selama ini kecerdasan Intelektual belum mampu menjawab persoalan bangsa yang terus berjalan dan bergerak sesuai dengan peradaban. Menghadapi Era revolusi 4.0 yang ditandai oleh informasi-informasi yang masuk dan berkembang sangat cepat dan kuantitas yang sudah bisa hitung, dampaknya adalah sejauh mana peran lembaga pendidikan dalam menterjemahkan informasi yang masuk apakah benar atau hoax, sehingga kita dapat memberi informasi yang benar sebagai asupan gizi untuk otak bukan malah membuat orang menjadi trauma dan stress, Ditahun 1999 terjadi kegaduhan dalam dunia IT hal ini ditandai dengan permasalahan komputer tidak dapat membaca tahun 2000 karena angka yang diset pada tahun 1960 hanya sampai 19 tidak sampai tahun 2000 dan dampaknya adalah sangat besar, komputer di Bank tidak bisa membaca tahun 2000 akibatnya akan rusak system pembukuan, bandara-bandara seluruh dunia tidak dapat memandu pesawat udara dan kecelakaan akan terjadi di udara dan di bandara dan yang lebih mengejutkan lagi rudal-rudal berbahan nuklir akan terbang tak tentu arah dan bencana kemanusian sudah didepan mata karena seluruh oerangkat di kendalikan oleh komputerisasi sehingga membuat orang diseluruh dunia stress dan ini dikenal dengan sebutan Y2K ( Year 2 Kilo) kesalahan perhitungan komputer. .tapi hal ini tak terjadi tepat pada tanggal 1 Januari 2000 sampai sekarang masih berlanjut dan tak terjadi hal yang parah dan semua dapat diatasi dan diperbaiki.

Nah..dari kasus diatas peran K13 sebagai salah satu kurikulum yang dapat menjawab tantangan persoalan global. Para pakar pendidikan Indobesia sudah melihat persoalan ini jauh kedepan dengan menempatkan k13 sebagai solusi dalam menata kehidupan pendidikan yang lebih arif dalam menjawab tantangan dunia global terutama revolsi 4.0. Sebagai mana K-13 dalam proses dalam 3 ranah yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang akan melahirkan sikap kreatif, jujur dan kreatif yang akan melahirkan manusia yang baik soft skill dan menjadi manusia yang terampil atau hard skill.

Dalam K13 Dengan menerapkan langkah scintific dimana proses mengamati, bertanya, menalar, mecoba dan memyebarkan informasi. Kempat langkah tersebut dapat menjadikan penguat proses K13 di dalam pembelajaran di era R 4.0, Dalam kasus ini kita dapat memahami.perubahan dengan mengikuti berita yang ada di medsos baik diinternet maupun televisi menjadi lebih kuat dalam mencernanya dan tidak ditelan bulat-bulat. Dalam Al -Quran sudah dijelaskan dalam surat Al-Araf 179 Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Dan Metode Saintific sudah jelas dalam Al-Quran sehingga kita tidak tersesat, Dengan demikian K13 sudah sangat jelas menjawab R 4.0 sebagai solusi proses mengajar dikelas yang sangat baik tepat dan cerdas...

Demikianlah anak-anak..semoga pertanyaan kawan kamu tadi sudah kita kaji bersama minggu depan kita sambung lagi...dan Bapak cepat keluar hari ini karena ada kenduri syukuran...di salah satu guru kita..yang baru beli rumah baru...jadi saya harus kesana karena makhluk sosial yang saling berinteraksi...Assalamualaikum....Waalaikumsalam...jawab anak-anak..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post