SARDIN

Nama Sardin, Tamatan FKIP Sejarah Universitas Syiah Kuala sekarang guru pada SMA Negeri 1 Bireuen, pelajaran yang saya ampu sejarah peminatan, saya diangkat men...

Selengkapnya
Navigasi Web

REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan yang terjadi disekitar kita berubah dengan sangat cepar, waktu berputar seakan-ajan tak memberi kita kesempatan untuk menunggu, semua berjalan begitu cepat.

Perubahan peradaban manusia mulai cepat bergerak ketika revolusi industri pada abad ke 18 yang dimulai di Inggris yang ditandai dengan pergantian tenaga manusia dalam bidang produksi digantikan dengan mesin atau mekanisasi. Revolusi industri 1.0 ini telah mempercepat kegiatan ekonomi dengan memperpendek biaya produksi dan waktu sehingga lahirlah produk masal yang murah dan mudah di dapat dipasaran. Akibatnya lahirlah OKB ( orang kaya baru) di eropa dan penemuan mesin uap menjadikan kereta api transfortasi masal yang efesien dan murah yang menjangkau kota-kota diseluruh dunia menjadi hidup. tapi sayang revolusi industri 1.0 telah membuat negara-negara jajahan baru untuk mengambil hasil alam yang kaya raya seperti penjajahan Belanda terhadap Indonesia 3.5 abad...suatu penjajahan yang cukup lama meliputi penjajahan sosial ekonomi dan politik.

Selanjutnya revolusi industri 2.0 di tandai dengan penemuan alat transportasi yang semakin maju seperti pesawat, mesin mengunakan energi fosil, mekanisasi industri padat teknologi, energi lisrik matahari dan tehnik genetika dan rekayasa, semua ini merobah total cara berpikir kita. Perkembangan alat telkomunikasi yang mengunakan satelit yang diluncurkan keruang angkasa telah membuat jarak bumi semakin dekat, kita sudah bisa telpon ke Amerika dan berita yang terjadi sudah langsung kita ketahui. Perubahan alat informasi mulai dari tv hitam putih ke tv berwarna serta siaran televisi yang kita pilih sudah beragam, mulai dari hiburan, politik dan ilmu pengetahuan sudah menjadi bagian dari hidup keseharian kita.

Selanjutnya revolusi industri 3.0 di tandai dengan perkembangan internet membuat berbagai perubahan sosial, poltik dan ekonomi berubah total, segala informasi yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka hanya dengan membuka mesin pencari dan yutube, era ini berubah 360 derajat baik cara berfikir dan bertindak.

Revolusi 4.0 ditandai hampir semua kegiatan kegiatan mengunakan mesin yang dikendalikan yang namanya softwere online, kita ingin memesan tiket pesawat sudah online, pesan barang juga online, berbagai macam web disediakan baik yang statiscdan dinamis, perubahab industri 4.0 telah merobah total cara memandang masa depan, kita tahu media penjualan online bukalapak, sekarang hampir semua orang mencari info kebutuhan dari media online ini, dan bisa dengan mudah kita tebak orang akan mudah mencari barang yang murah dan mudah, kalau kita cari bahan spepart ke suatu kota mungkin 3 hari belum tentu dapat, tapi di bukalapak dengan mudah kita temui, artinya hemat waktu, biaya dan tempat...mari kita songsong revolusi industri 4.0 dengan mempersiapkan kompetensi diri dan selalu memanfaatkan waktu luang yang berdayaguna...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tema tulisan yang cukup menarik. Saya sendiri minat akan fenomena ini hanya saja belum sempat menulis. Barakallah Pak Sardin.

26 Feb
Balas

Terima kasih Pak Warnoto...atas komentarnya...

26 Feb

Bagus pak tapi maaf mohon sebelum diposting dikoreksi dulu kata-katanya sesuaikan dgn kaidah bhs Indonesia yg benar Semangat terus utk menulis. Salam Literasi

26 Feb
Balas

Terima kasih Pak Arif Fauriyuddin atas koreksinya, cuma tadi tulusannya keburu di posting..

26 Feb



search

New Post