Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
APA PENTINGNYA SEBUAH DEKLARASI
#karaktermurid #pembiasaankarakteranakbangsa

APA PENTINGNYA SEBUAH DEKLARASI

Memasuki awal tahun pelajaran 2023/2024, seluruh murid sudah masuk sekolah dengan tanpa rasa was-was. Pasalnya covid-19 sudah dinyatakan selesai, dan kita semua sudah boleh berinteraksi seperti biasanya. Tak harus pakai masker, boleh berdekatan, tidak lagi menjaga jarak minimal 1 meter, dan boleh menunda kebiasaan sudah menjadi kebiasaan cuci tangan setiap saat. Meski demikian, tetap dihimbau bagi yang kurang enak badan, atau pun sedikit flu, mending tetap memakai masker.

Memasuki bulan Februari 2023, tim dari guru PKN (Pendidikan dan Kewargaanegaraan) menginisiasi tentang Deklarasi Sekolah Laboratorium Pancasila. Sehingga mulailah sekolah-sekolah di DKI jakarta diminta untuk mengadakan pelatihan SLP (Sekolah Laboratorium Pancasila). Entah apa maksud yang tersirat di dalamnya. Entah akan dibawa kemana sekolah sepertii dimaksudkan. Setiap pagi diminta salah seorang murid membacakan deklarasi SLP. Sungguh gak jelas... Yang pasti penyampaian materinya kurang berbobot, dan tidak beda dengan pelajaran PKN. Bahkan guru PKN mungkin lebih menguasai materi tersebut. Kalau memang mengajarkan karakter dan akhlak, dalam pelajaran agama dapat diberikan penekanan tentang karakter tersebut. Atau dapat pula disampaikan kedalam pelajaran PKN itu sendiri.

Sepertinya, program SLP ini tak terlalu berdampak pada murid. Enam bulan berlalu, tak terlalu signifikan dengan biaya yang dikeluarkan. Bahkan aktfitas seperti bercerita lebih bagus disampaikan selama 5-7 menit di depan kelas. Baik itu tentang pengalaman-pengalaman yang berkesan. Bisa juga menceritakan sukaduka yang dialami yang memberikan dampak pada perkembangan diri murid-murid. Juga kegiatan-kegiatan yang menarik untuk diceritakan. Hasilnya, cerita-cerita yang disampaikan siswa jauh lebih menarik untuk dijadikan teladan atau contoh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pendapat pribadi mengawal SLP... hmmmm

03 Dec
Balas



search

New Post