Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOLABORASI (COLLABORATION)
kolaborasi

KOLABORASI (COLLABORATION)

 

 

Kata kolaborasi atau Collaboration adalah kata yang menjadi primadona sejak diluncurkannya Kurikulum 2013. Dalam pembelajaran setiap guru yang mengajar kurikulum 2013 wajib mengikutsertakan 4C-nya, yaitu Critical thinking (Berfikir Kritis), Creatif (Kreatif), Collaboration (Bekerjasama), dan Communication (komunikasi).

 

Sesuai dengan makna kata yang terkandung didalamnya. Kollaborasi itu menunjukkan suatu interaksi antar anggota kelompok yang mengarah pada pencapaian tujuan yang disepakati. Kolaboratsi ini merupakan langkah atau cara guru melatih murid dalam bekerjasama, dengan tujuan agar kelak di masyarakat murid dapat menerapkan kerjasama ini dengan baik.

 

Dengan memulai dari usia sekolah, murid-murid diharapkan dapat mengambil nilai-nilai luhur dalam ber-kolaborasi. Nilai-nilai luhur itu antara lain: jiwa kegigihan dalam mencapai suatu tujuan bersama; karakter sabar, melihat sikap dan watak yang beraneka ragam; karakter kerja keras, terutama mewujudkan kerja tuntas tepat waktu; Tenggang rasa, jika melihat kekurangan-kekurangan teman tak usah marah ataupun baper;

 

Sama halnya dengan kolaborasi di sekolah, kolaborasi di dalam rumah pun hampir sama. Kolaborasi ditunjukkan oleh ayah-ibu, dan anak-anak. Namun kolaborasi di dalam rumah adalah kolaborasi yang tak ada rambu-rambu tertulis yang mudah diikuti. Kalau di rumah, adalanya kesepakan-rekomendasi dari orangtua atau penguasa di rumah itu. Bila tak ada kolaborasi di dalam rumah, maka tak ada  keharmonisan rumah tangga. Yang menikmati kolaborasi adalah semua warga di dalam rumah itu. Ehemmm…

 

Wallahu a’lam. Tabik.

 

Depok, 19 Maret 2022. (Tant-79)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul Bun. Jadi baik di rumah maupun di sekolah kudu ada kolaborasi ya.

21 Mar
Balas



search

New Post