Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
OLIGARKI (Tantangan Baru 47)

OLIGARKI (Tantangan Baru 47)

Sebuah kata yang belakangan sedang nge-trend ini menggelitik pikiran. Apa yaa maksud oligarki itu? Melihat di KBBI, Oligarki adalah pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu.

“Istilah keren ini cocok banget dengan kondisi Republik +062 sekarang ini,” kata Oom Bossman.

Pemerintahan hanya dikuasai oleh segelntir orang yang kuat dari sisi ekonomi dan pengusaha kelas kakap. Kebijakan-kebijakan yang diambil pun berdasarkan kepentingan para oligarki tersebut. Negara, dalam hal ini pemerintah pada dasarnya sudah dikuasai penjajah model baru. Pemerintahan tak dapat menentukan kebijakan yang pro rakyat. Yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin terpuruk. Kesulitan di tingkat ekonomi kecil dan menengah bertambah-tambah. Ekonomi rakay tsepertinya jalan di tempat dan sulit berkembang.

Menelisik penyebab ini dimulai dari pencalonan Presiden, yang mempertaruhkan sejumlah uang untuk memenui treshold 20%. Kroni-kroninya tentunya tak mau tinggal diam, alias gratis-tis. Setelah terpenuhi niatannya di dalam kedudukan di pemerintahan, pastilah berfikir bagaimana membalas budi dari semua dukungan-dukungannya. Katanya untuk mendukung Presiden, itu perlu dana-dana yang tidak sedikit. Prlu spanduk dan baliho, juga kaos-kaos kampanye, dan panggung-panggung "demokrasi" lainnya. Menurut kabar yang terpercaya, biaya itu sampai 9 trilyun. Siapa yang punya dana sebesar itu, kalau bukan para cukong kelas kakap. Begitu analisa Oom Bossman.

Walaaah.. ternyata banyak kepentingan yang dimulai dari sini. Maka setelah jadi, semua tak mau tiggal diam. Kedudukan dan proyek-proyek pembangunan, layaknya kue-kue yang diperebutkan oleh segelintir manusia yang maruk akan harta.

Kalau saja pencalonan presiden itu mensyaratkan treshold 0%, mungkin akan berlangsung lebih alami dan akan muncul pura-putra terbaik bangsa. Tak usahlah lingkaran oligarki penguasa, sekarang pun sebenarnya Oom Bossman punya kok 11.000 trilyun. Tapi, penguasa tak berani menariknya di dalam pemerintahan. Karena pemikirannya selalu out of the box. Keren menewen laaah.

Wallahu a'lam.

Depok, 16 Februari 2022.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post