Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERSIAPAN KURIKULUM MERDEKA  Part 1 (Tantangan Baru 75)
Kurikulum MErdeka

PERSIAPAN KURIKULUM MERDEKA Part 1 (Tantangan Baru 75)

Mulai bulan Juli tahun 2022 ini, seluruh sekolah di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta diharapkan sudah menerapkan Kuriklum Merdeka. Iya, bener. Itu lho Kurikulum baru yang dulunya bernama Kurikulum Prototipe. Sejak tanggal 25 Februari 2022 diresmikan oleh Bapak Menteri Nadiem Makarim namanya menjadi Kurikulum Merdeka.

Kurikulum apa lagi nih? Begitu komentar orang pertama kali mendengarnya. Disini kita akan lihat sedikit, apa itu Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka sepertinya merupakan penyempurnaan Kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka ada beberapa platform “Merdeka” nya, seperti Merdeka menentukan topik pembelajaran mana yang lebih dahulu diajarkan, Merdeka mengajar. Semua murid diarahkan memiliki keterampilan atau kemampuan membuat projek dan memiliki Karakter Pelajar Pancasila. Kurikulum Merdeka, mengarahkan kepada Sekolah untuk bebas memilih Kurikulum mana yang akan diterapkan di sekolahnya, misalnya Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum Revisi 2013, dan bahkan kurikulum yang dibuat sendiri dengan modifikasi dari kurikulum yang ada. Benar-benar Merdeka.

Yang berperan utama dalam pembelajaran adalah Guru. Guru diharapkan dapat mendesign dan dapat menggerakkan perubahan nyata bagi peserta didiknya. Tidak hanya berdampak pada diri peserta didik sendiri namun berdampak kepada lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya peran tersebut, Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai superapp edukasi yang dapat membantu Guru menjalankan perannya dalam mengajar, belajar, dan berkarir untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan begitu, Guru dapat lebih berfokus kepada peningkatan capaian pembelajaran murid, dan memiliki kesempatan yang lebih kaya dalam meningkatkan kompetensi dan karirnya sendiri.

Berbagai macam persiapan pada Kuriklum Merdeka yang harus dipersiapkan. Pertama memahami istilah-istilahnya. Istilah pada kurikulum 2013, berganti baju, menjadi nama-nama istilah baru. Misalnya Kompetensi Inti/ Kompetensi Dasar (KI / KD) menjadi Capaian Pembelajaran (CP); level Kelas-kelas diubah dengan istilah Fase-fase. Di SMA kelas X berada pada Fase E, sedangkan kelas XI dan XII berada pada fase F; RPP (Rencana Penyampaian Pembelajaran) yang dahulu dipersiapkan sebelum mengajar, sekarang namanya Modul Ajar. Lebih lanjut istilah-istilah akan dibahas pada bagian kedua tulisan ini.

Goals-nya dari pembelajaran Kurikulum Merdeka ini adalah Peserta didik dapat menguasai Literasi - Numerasi (Kognitif) serta Memiliki Karakter Positif (Non Kognitif).

(Bersambung…)

Depok, 15 Maret 2022.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah, ulasannya keren mantap, sukses selalu bu Sar Mulyani

16 Mar
Balas

Ulasannya membuka pikiranku.Terima kasih Bunda

16 Mar
Balas

Ulasannya membuka pikiranku.Terima kasih Bunda

16 Mar
Balas



search

New Post