Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERSIAPAN KURIKULUM MERDEKA - (Part 4 Tamat)
Kur-Merdeka

PERSIAPAN KURIKULUM MERDEKA - (Part 4 Tamat)

Dalam Kurikulum Merdeka, hal baru yang dilakukan guru sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan saat menggunakan Kurikulum 2013. Hanya perlu adaptasi sepertinya. Semua yang dilakukan di Kurikulum 2013, pastinya juga dilakukan di kurikulum Merdeka.

Setelah selesai dengan langkah-langkah yang wajib dilakukan pada tulisan part-3 yaitu: Menganalisis CP, Membuat TP dan ATP, dan Membuat Modul Ajar, maka selanjutnya kita membuat Bahan Ajar. Bahan Ajar ini dapat berupa Buku Paket dari sekolah, atau e-book, atau referensi lainnya yang ditentukan oleh guru sendiri. Guru juga dapat membuat Bahan Ajar dengan membuat PPT atau Video Pembelajaran.

Dilanjutkan setelah membuat Bahan Ajar, sebagai guru mempersiapkan pula soal penilaiannya. Apakah mau tes berupa tes lisan, tes tulis, ataupun tes unjuk kerja (presentasi ataupun menjelaskan di hadapan guru secara langsung).

Nah, semua langkah-langkah itu sebenarnya sudah kita lakukan di dalam Kurikulum 2013, bukan?! Dengan demikian, mudahlah kita mengikuti Kurikulum Merdeka ini. Hanya saja kita belajar menyesuaikan dengan istilah-istilah yang diberikan. Apalagi kita ini adalah guru yang sudah mengajar bertahun-tahun. Tentunya berbagai macam cara dapat kita lakukan agar murid dapat memahaminya dan menjiwainya.

Bukan bergitu?

Wallahu a’lam. Selesai…

Depok, 18 Maret 2022. (tant- 78)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar Bun. Mungkin istilah sedikit berbeda. Dan persiapannya tak jauh beda. Semangat.

21 Mar
Balas

Semoga dimudahkan

23 Mar
Balas



search

New Post