Sari Wulan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pantauan wudhu mentor sebaya' Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Peserta didik

A. Tahap Perencanaan

Mata Pelajaran PAI merupakan pelajaran yang cukup sulit bagi peserta didik dikarenakan anak kelas bawah masih ada yang belum bisa tertib, masih bermain main dan kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, apalagi ada materi yang mengharuskan praktek. karena memang pelajaran PAI ini ada materi berwudu. Mungkin mereka sudah bisa berwudu karena pembiasaan sehari hari di rumah maupaun di sekolah. Namun cara mereka berwudu terkadang masih belum sesuai aturan. Masih ada yang belum tertib urutan wudunya, dan basuhannya.

Sehingga dibutuhkan bimbingan dan arahan melalui media, nyanyian dan praktek langsung dalam materi wudu ini. Setiap hari anak anak sholat dan tentunya melakukan wudu ini. Guru berkewajiban menanamkan pemahaman wudu yang benar kepada anak didiknya. Dan saat pengambilan nilai akan terlihat siapakah siswa yang paling benar wudunya itulah yang akan memantau temannya dalam berwudu.

Materi Wudu ini mempelajari pengertian wudu, rukun wudu, sunah wudu, syarat wudu dan yang membatalkan wudu dan yang terakhir mempraktekan tata cara berwudu. Adapun penilaian materi wudu ini selain pengetahuan juga penilaian praktek.

Guru menyiapkan kartu yang berisi capaian kemampuan dari adab wudu, ketertiban dan basuhan wudu. Dengan harapan kartu ini bisa membantu proses belajar mengajar Ketika praktek dan pantaun wudu setiap harinya. Terutama anak kelas bawah yang masih moody Ketika belajar, dengan pantauan wudu dengan mentor teman sebaya ini agar pesreta didik semangat saat belajar. dan suasana wudu yang menyenangkan membuat mereka semangat untuk belajar.

Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran PAI sebagai berikut:

1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran PAI KD 3.2 dan 4.2

2. Merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang merangsang kemampuan daya ingat peserta didik.

3. Menyiapkan alat dan bahan untuk evaluasi peserta didik

B. Pelaksanaan

Berikut adalah deskripsi mengenai tahapan dalam pembelajaran berdasarkan RPP.

1) Tahap 1 apersepsi : pada tahap awal pembelajaran, agar peserta didik mengenal materi wudu dengan menampilkan video pembelajaran . Guru memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi wudu melalui lagu atau nyanyian. Materi wudu ini diperkenalkan satu persatu beserta gerakannya melalui lagu terlebih dahulu. Kemudian peserta didik mengikuti apa yang didengar. Dan mengulang ulang Kembali dari lagu yang didengarnya.

2) Tahap 2 learning by doing : guru memberikan stimulus bahwa peserta didik dapat mempraktekkan langsung Gerakan wudu urutan, basuhannya dan nama Gerakan nya . Sehingga peserta didik dapat mengingat urutan wudu secara benar.

Kemudian guru meminta peserta didik menebak Gerakan wudu yang dipraktekan termasuk rukun wudu ataukah sunah wudu ditanyakan satu persatu. Mereka bergantian menjawab apa yang guru tanyakan terkait materi wudu ini.

3) Tahap 3 mengidentifikasi gerakan wudu peserta didik satu persatu dalam satu kelompok yang terdiri ada 5 siswa . Masing masing mentor membawa kartu pantauan wudu dan mencatat saat pantauan wudu setiap harinya. Dengan harapan peserta didik terjaga baik dalam kebenaran wudu nya setiap waktu. Adapun pantauan wudu dilakukan saat sholat asar setiap hari.

4) Selanjutnya mendengarkan intruksi mentor untuk mengukur kemampuan anak dalam urutan wudu baik sunah dan rukun nya dan basuhannya melalui praktek langsung setiap hari. untuk pengambilkan. Berharap dengan melakukan pantauan wudu teman sebaya daya ingat peserta didik dalam berwudu secara benar. Dan terus mengingat untuk berwudu secara benar sepanjang hidup untuk bekal kehidupan sehari hari.

5) Tahap 4 Evaluasi peserta didik mengikuti instruksi yang sesuai dengan LKS. Guru memberikan evaluasi yang terkait dengan LKS tersebut.dan peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

C. Visual Hasil

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan dapat diperoleh:

Guru memberikan apersepsi terlebih dahulu dengan lagu tepuk wudu

Guru mengenalkan Gerakan wudu melalui video pembelajaran. Dengan harapan peserta didik dapat melihat dan ingat Gerakan dan urutan wudu

Guru menyebutkan nama nama Gerakan yang termasuk rukun dan sunah dan dapat mengidentifikasi gerakan satu persatu.

Guru meminta mentor sebaya memantau peserta didik /teman nya dalam berwudu setiap harinya sesuai urutan wudu yang benar dan diisi ceklis jika telah benar melakukan wudunya. Dan mengkoreksi Gerakan wudu temannya jika ada yang salah. Peserta didik mengikuti intruksi mentornya untuk kebaikan diri.

Peserta didik mengerjakan LKS yang diberikan guru dan peserta didik mengumpulkan hasilnya

Tahapan

Kegiatan

1.

Penayangan lagu tepuk wudu

2.

Pembagian kelompok oleh guru kelas

3.

Penjelasan cara berwudu dengan benar

4.

Tiap kelompok ada mentor sebaya

5.

Menyebutkan rukun dan sunah wudu

6.

Menyebutkan nama gerakan wudu dan mengidentifikasi rukun da sunag

7.

Proses praktek wudu dalam pantauan mentor

8.

Tiap kelompok melakukan praktek wudu secara bergantian

9.

Guru melakukan penilaian sesuai rubrik penilaian

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

08 Apr
Balas



search

New Post